Berita Banjarmasin

2020 Kalsel Akan Mulai Jalankan Program Kota Hutan

Fokus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melestarikan lingkungan terus akan berlanjut di tahun-tahun yang akan datang.

2020 Kalsel Akan Mulai Jalankan Program Kota Hutan
banjarmasinpost.co.id/acm
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Hanif Faisol 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Fokus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melestarikan lingkungan terus akan berlanjut di tahun-tahun yang akan datang.

Setelah menjadi daerah dengan Peraturan Daerah (Perda) Revolusi Hijau pertama di Indonesia, Tahun 2020 mendatang, Pemprov Kalsel kembali akan usulkan Rancangan Perda (Raperda) masih terkait lingkungan yaitu soal kota hutan.

Dijelaskan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Hanif Faisol, secara umum konsep kota hutan artinya tak ada lagi lahan yang terbengkalai dan harus ditanami pohon di seluruh kawasan Kalsel.

Artinya tentu konsep ini akan melibatkan seluruh Kabupaten/Kota di Kalsel untuk wujudkan kota hutan di Kalsel.

"Tujuannya tentu untuk capai Kalsel sejuk dan asri dengan indikator kita tidak perlu lagi pakai pending in udara karena sudah sejuk," kata Hanif saat hadiri Rapat Mitra Kerja Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Rabu (17/7/2019).

Baca: Lagu Ikan Asin Muncul dan Viral, Hotman Paris Berang dan Singgung Soal Perasaan Fairuz A Rafiq

Baca: Sajian Maia Estianty Saat Rumahnya Dikunjungi Teman Disebut, Sikap Istri Irwan Mussry Jadi Sorotan

Baca: Joroknya Cara Makan Ashanty Diprotes Aurel, Putri Anang Hermansyah dan Krisdayanti Sebut Hal Ini

Baca: Profesi Calon Istri Gading Marten Jadi Sorotan Roy Marten, Kapok Gara-gara Gisella Anastasia?

Saat ini menurutnya konsep ini sedang dalam proses pengkajian akademik untuk selanjutnya dibahas secara umum sebelum nantinya diusulkan menjadi Raperda yang digodok di DPRD Provinsi Kalsel.

Perda Kota Hutan diharapkan Hanif bisa selesai dan efektif diterapkan pada Tahun 2020 mendatang untuk secara bertahap diwujudkan dalam waktu panjang setidaknya dua puluh tahun kedepan.

Bukan sebagai konsep yang berdiri sendiri, nantinya jika menjadi Perda, maka konsep kota hutan akan berintegrasi dengan sektor lain termasuk kegiatan pembangunan, perencanaan bisnis yang akan disesuaikan dengan konsep tersebut.

Pihaknya sebagai leading sector juga nantinya akan menjadi inisiator dan fasilitasi berbagai pihak lain untuk bersama wujudkan konsep kota hutan di Kalsel.

Walau demikian, pihaknya tentu masih akan melanjutkan program revolusi hijau yang sebelumnya sudah berjalan.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved