Berita Nasional

Arah Politik Partai Gerinda dan Prabowo Gabung ke Koalisi Jokowi atau Oposisi Tunggu Rakernas

Arah politik Partai Gerakan Indonesia Raya( Gerindra) lima tahun mendatang bakal ditentukan melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

Arah Politik Partai Gerinda dan Prabowo Gabung ke Koalisi Jokowi atau Oposisi Tunggu Rakernas
(ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) bersiap meninggalkan lokasi konferensi pers seusai memberikan keterangan terkait putusan MK tentang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 di kediaman Prabowo, Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2019). Prabowo-Sandi menyatakan menghormati dan menerima putusan MK yang menolak gugatannya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kepastian Partai Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) bergabung ke koalisi pemerintah Jokowi-Ma'ruf atau menjadi oposisi masih belum ada kejelasan, pasca pertemuan Prabowo Subianto dan Presiden terpilih Joko Widodo beberapa waktu lalu

Dilansir dari Kompas.com, arah politik Parta  Partai Gerindra  lima tahun mendatang bakal ditentukan melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas), dalam waktu dekat.

"Arah koalisi Partai Gerindra akan diambil di September (2019). Dalam rakernas di situlah sikap resmi Partai Gerindra akan diambil," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra Andre Rosiade di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Sebelum menentukan arah politik mendukung pemerintah atau berada di oposisi, lanjut Andre, sang ketua umum partai Prabowo Subianto akan mendengar aspirasi dan masukan kadernya di akar rumput se-Indonesia terlebih dahulu.

Bahkan, aspirasi elemen relawan, ulama serta partai-partai politik pendukungnya pada Pemilu 2019 juga akan ditampung dan dipertimbangkan.

Baca: Kata Mahfud MD soal Kemungkinan Prabowo Merapat ke Koalisi Jokowi : Koalisi Boleh, Oposisi Boleh

Baca: Jokowi Ingatkan Oposisi di Pidato Kemenangan Visi Indonesia, Prabowo - Sadiaga Uno Pilih Tak Hadir

Baca: Jokowi: Jangan Jadi Oposisi yang Menimbulkan Dendam dan Kebencian, Ingatkan Pancasila

Dalam komunikasi itu, lanjut Andre, Prabowo sekaligus akan menjelaskan pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo, Sabtu (13/7/2019) lalu di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Senayan.

"Pak Prabowo memang akan bertemu, berdiskusi, menyampaikan hasil pertemuan, menjelaskan sekaligus menyerap aspirasi apa yang terbaik bagi bangsa dan negara. Itu yang akan menjadi sikap Pak Prabowo dan Partai Gerindra," kata dia. 

Diketahui, Prabowo secara resmi membubarkan koalisi partai politik pendukungnya pada Pemilu 2019. Keputusan diambil melalui rapat bersama lima sekretaris jenderal partai politik pendukungnya di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (28/6/2019).

Setelah dibubarkan, Prabowo menyerahkan keputusan dan pertimbangan terkait langkah-langkah politik ke partai masing masing. Ia tidak akan mengintervensi apapun yang menjadi keputusan partai lain ke depannya.

(Penulis : Kristian Erdianto/Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gabung ke Koalisi Jokowi atau Oposisi, Gerindra Tunggu Rakernas", https://nasional.kompas.com/read/2019/07/17/15421711/gabung-ke-koalisi-jokowi-atau-oposisi-gerindra-tunggu-rakernas.

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved