Berita HSS

Oprit Jembatan Kalumpang-Margasari yang Retak Akhirnya Ambles, Pemkab HSS Laporkan ke Balai Jalan

Jembatan besi Sungai Tabirai akses dari Desa Karangpaci, Kecamatan Kalumpang Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang menghubungkan HSS ke Tapin, ambles.

Oprit Jembatan Kalumpang-Margasari yang Retak Akhirnya Ambles, Pemkab HSS Laporkan ke Balai Jalan
banjarmasinpost.co.id/hanani
Kondisi jalan di bawah oprit jembatan besi Sungai Tabirai yang menghubungkan HSS-Tapin-Marabahan yang semula retak kini ambles (jatuh ke tanah), Rabu (17/7/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Jembatan besi Sungai Tabirai akses dari Desa Karangpaci, Kecamatan Kalumpang Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang menghubungkan HSS ke Tapin-Margasari-Batola yang retak dengan posisi terbelah dua akhirnya ambles.

Sebelah kanan oprit jembatan turun ke tanah, dari posisi semula yang terligat gantung.   

Pantauan banjarnmasinpost.co.id, Rabu (17/7/2019), lebih separuh jalan di sebelah kanan jembatan Desa Karang Paci, Kalumpang yang berbatasan langsung dengan Desa Masta, Kecamatan Tambarangan Tapin tersebut ambles dengan retakan yang kian luas. Kedalamannya pun mencapai 50 sentimeter. Jalan retak kemudian ables tersebut sepanjang sekitar 50 meter dari oprit jembatan besi.

Jakaria (50) warga Desa Karang Paci yang tinggal di sisi kiri bawah oprit jembatan mengatakan, turunnya oprit jembatan tersebut diperkirakan  antara sekitar pukul 04.00 sampai pukul 05.00 wita hari ini. “Tadi malam saya lihat masih terbelah dua dan aspal di bawah jembatanya menggantung. Sekarang sudah jeblok, jalan retaknya jadi turun,” tutur Jakaria.  

Baca: Pengerjaan Hotel di Jalan Panglima Batur dekat Bundara Amaco Disorot Dishub dan Polres Banjarbaru

Hampir separuh jalan di sekitar oprit jembatan tersebut jeblok dan rekahan aspal terlihat menganga. Areal yang jeblok  itu pun sudah diberi garis kuning. Namun, tak membuat lalu lintas khawatir melintas di sana. “Sejak terbelah kemarin, lalu lintas mobil tetap lewat jembatan ini, begitu pula truk berbadan besar, tetap melintas,”tutur Jakaria.  

Di sekitar jembatan, baik arah Kalumpang-Margasari atau sebaliknya sudah dipasang peringatan agar mengurangi kecepatan dan berhati-hati. Pihak berwenang tak menutup jalan, karena separuh badan jalan memang masih dalam kondisi baik serta bangunan jembatannya yang lebar.

“Biasanya truk-truk angkutan sawit malam lewatnya,”tutur Jakaria.

Kondisi jalan di bawah oprit jembatan besi Sungai Tabirai menguhungkan HSS-Tapin-Marabahan yang semula retak kini ambles (jatuh ke tanah), Rabu (17/7/2019)
Kondisi jalan di bawah oprit jembatan besi Sungai Tabirai menguhungkan HSS-Tapin-Marabahan yang semula retak kini ambles (jatuh ke tanah), Rabu (17/7/2019) (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Camat Kalumpang, menyatakan Pemkab HSS, melalui Dinas PU telah melaporkan kondisi jalan tersebut ke Balai Jalan Nasional Wilayah  XI Banjarmasin agar segera dilakukan perbaikan.

Selama ini, jalan tersebut merupakan alternatif ke Kabupaten Tapin, dan Ke Kabupaten Batola, dengan waktu tempuh lebih pendek ketimbang lewat jalan kota Rantau atau kota Banjarmasin ke Marabahan.

Baca: Ini Pesan Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani kepada Anggota Polda Yang Menunaikan Ibadah Haji

Sementera, Kepala Bdan Penanggulangan Bencana Daerah dan KesbangPol HSS,Efran menjelaskan, jalan yang retak kemudian amblestersebut berada di wilayah HSS, Desa Karang Paci. Mengenai penyebab jebloknya menurut Efran masih dikaji tim teknis SKPD terkait.

Oprit jembatan besi Sungai Tabirai menguhungkan HSS-Tapin
Oprit jembatan besi Sungai Tabirai menguhungkan HSS-Tapin (banjarmasinpost.co.id/hanani)

“Untuk akses transportasi masih bisa dilewati, namun kami imbau kendaraan berat seperti truk bermuatan berat agar tak melintas. Termasuk masyarakat yang lewat menggunakan sepeda motor maupun mobil,”katanya.

Disebutkan, jembatan tersebut dibawah kewenangan pemerintah pusat karena statusnya berada di jalan nasional yang menghubungkan antarkabupaten. “KAmi sudah melapotkannya ke pihak terkait, dalam hal ini Balai Jalan Nasional Wilayah  XI Banjarmasin,”kata Efran. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved