Berita Banjarmasin

Waktu Makin Mepet, Belum Ada Nama Pasti dalam Rencana Kunker Luar Negeri DPRD Provinsi Kalsel

Sudah bergulir sejak awal Tahun 2019 ini, rencana perjalanan kunjungan kerja para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)

Waktu Makin Mepet, Belum Ada Nama Pasti dalam Rencana Kunker Luar Negeri DPRD Provinsi Kalsel
banjarmasinpost.co.id/acm
Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, M Zaini 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sudah bergulir sejak awal Tahun 2019 ini, rencana perjalanan kunjungan kerja para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) belum juga temui titik terang terkait kepastian keberangkatannya.

Pasalnya menurut Kepala Bagian (Kabag) Persidangan Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, M Zaini, hingga saat ini pihaknya sebagai fasilitator masih menunggu kepastian siapa saja nama-nama Wakil Rakyat yang ingin ikut perjalanan dinas kunjungan kerja ke luar negeri tersebut.

"Masih 50 : 50 sekarang, karena kemarin ada yang nyatakan mau ikut ada yang mundur tidak jadi mau ikut," kata M Zaini kepada Banjarmasinpost.co.id, Rabu (17/7/2019).

Padahal menurutnya untuk bisa gol kan perjalanan dinas kunjungan kerja ke luar negeri tentu masih membutuhkan waktu proses untuk mengkomunikasikan kegiatan tersebut dengan Lembaga Negara di negara tujuan.

Baca: Sajian Maia Estianty Saat Rumahnya Dikunjungi Teman Disebut, Sikap Istri Irwan Mussry Jadi Sorotan

Baca: Ekspresi Kebohongan Barbie Kumalasari Soal Berlian Dibongkar Sosok Ini, Nikita Mirzani & Hotman?

Baca: Joroknya Cara Makan Ashanty Diprotes Aurel, Putri Anang Hermansyah dan Krisdayanti Sebut Hal Ini

Baca: Musuh Bebuyutan Nikita Mirzani Ikut Terseret Kasus Ikan Asin Fairuz-Galih, Ini Status Tessa Mariska

Baca: Kasus Video Ikan Asin Berlanjut, Pablo Benua Dikabarkan Cabut Kuasa Farhat Abbas dan Andar

Sudah memasuki pertengahan Bulan Juli 2019, artinya hanya tinggal kurang lebih satu bulan efektif untuk bisa finalkan proses persiapan rencana perjalanan dinas kunjungan kerja ke luar negeri tersebut.

Pasalnya, pada Bulan September tepatnya pada Senin (9/9/2019) Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel direncanakan akan menggelar prosesi pelantikan Anggota DPRD Provinsi Kalsel baru periode 2019-2024.

Artinya para Anggota Dewan yang menjabat saat ini hanya miliki waktu relatif singkat jika ingin melaksanakan perjalanan dinas keluar negeri sebelum masa jabatannya yaitu periode 2014-2019 habis.

Namun menurutnya hingga saat ini belum ada daftar nama final Anggota Dewan yang ingin ikut perjalanan dinas kunjungan kerja tersebut.

Walau demikian, M Zaini nyatakan pihaknya akan tetap siap memfasilitasi jika memang sudah ada kesepakatan final para Anggota Dewan karena hal tersebut memang menjadi hak para Anggota Dewan dan berpayung hukum.

"Kalau perjalanan ini memang hak mereka dan diatur dalam Undang-Undang, kalau kami terus siap memfasilitasi," kata M Zaini.

Sehingga saat ini pihaknya dalam fase menunggu kesepakatan final para Anggota Dewan terkait nama-nama yang akan berangkat sambil menunggu revisi Peraturan Gubernur terkait rincian biaya tarif perjalanan dinas ke luar negeri untuk perkuat landasan hukumnya.

"Karena kalau masih ada yang maju mundur, tentu kami sulit mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang," kata M Zaini.

Hingga saat ini menurutnya tiga Komisi di DPRD Provinsi Kalsel yaiuu Komisi II, III dan IV sudah mengajukan usulan tujuan negara yaitu ke Negeri Sakura, Jepang.

Sebelumnya diketahui anggaran untuk rencana perjalanan dinas kunjungan kerja ke luar negeri ini sudah masuk dalam APBD 2019 dengan nilai pagu untuk masing-masing Anggota Dewan sebesar Rp 65 juta.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved