Berita Regional

Inilah 4 Kota di Jawa dengan Suhu Dingin Terparah Versi BMKG, Kota Malang 15,9 Derajat Celsius

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mengungkap data kota-kota di Indonesia yang paling parah mengalami suhu dingin menyusul

Inilah 4 Kota di Jawa dengan Suhu Dingin Terparah Versi BMKG, Kota Malang 15,9 Derajat Celsius
WFLA
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mengungkap data kota-kota di Indonesia yang paling parah mengalami suhu dingin menyusul ramainya berita suhu dingin di Bandung.

Agie Wandala Putra, Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca BMKG mengungkapkan, ada 4 kota yang mengalami suhu dingin terparah. Ukurannya adalah temperatur terendah yang dicapai.

"Beberapa catatan untuk suhu terendah (per Senin, 16/7/2019) adalah BMKG Yogyakarta 18,8, BMKG Bandung 17, BMKG Malang 15,9, dan BMKG Cisarua 16,4," ungkapnya.

Agie mengungkapkan, suhu dingin ini walaupun oleh masyarakat dikatakan ekstrem tetapi sebenarnya tetap wajar pada musim kemarau.

Baca: Begini Kronologis Tabrakan di Karang Intan Kabupaten Banjar yang Sebabkan Husnawati Meninggal Dunia

Baca: Beda dengan Garuda, AirAsia Malah Beri Hadiah Bagi Penumpang yang Berfoto dalam Pesawat

Baca: Xiaomi Mi A3 Resmi, Punya 3 Kamera dan Pemindai Sidik Jari di Layar Harganya Cuma Rp 3 Jutaan

Ia menuturkan, pada musim kemarau terjadi fenomena dry intrution atau masuknya udara yang bersifat dingin dari Australia ke Indonesia. Australia kini sedang mengalami musim dingin.

Sempat diberitakan bahwa Garut mengalami suhu 1 derajat Celsius (kemudian direvisi menjadi 17 derajat Celsius). Agie menuturkan, hal itu tidak mungkin.

"Bisa kalau dataran tinggi atau di puncak gunung," kata Agie seraya menegaskan bahwa wilayah perkotaan di Indonesia tidak mungkin alami suhu serendah itu.

Selain dry intrution, Agie menyinggung bahwa suhu dingin kali ini adalah karena minimnya pembentukan awan. Karena cerah, panas matahari cepat dilepaskan ke udara sehingga duhu dingin terjadi pada malam hari.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved