Berita Kalteng

Jadi Tradisi, Peserta didik Baru di MAN Kapuas Ikuti Kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah

Di madrasah kegiatan MPLS disebut dengan Masa Taaruf Siswa Madrasah yang menjadi tradisi untuk diikuti para peserta didik baru.

Jadi Tradisi, Peserta didik Baru di MAN Kapuas Ikuti Kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah
Dari MAN Kapuas untuk BPost
Saat pelaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) di MAN Kapuas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Sejak awal pekan tadi berlangsung Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada para peserta didik baru, tak terkecuali di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas.

Bedanya dengan sekolah umum, di madrasah kegiatan MPLS disebut dengan Masa Taaruf Siswa Madrasah yang menjadi tradisi untuk diikuti para peserta didik baru.

Menanggapi soal larangan pemerintah pusat menerapkan orientasi siswa yang memberatkan, maka MAN Kapuas merancang kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) yang lebih bersifat edukatif sekaligus menghibur.

Pada pelaksanaan Matsama, para siswa baru diajak untuk mengenal lebih jauh kehidupan di lingkungan madrasah dengan kegiatan-kegiatan edukatif yang positif.

Seperti halnya, pendidikan karakter, pengenalan kurikulum dan cara belajar di madrasah, pendidikan berbangsa dan bernegara, hingga pengenalan ekstrakurikuler.

Baca: Sekolah Dasar Negeri di Banjar Ini Langganan Kehilangan Murid

Baca: 4 Pengamen Korban Salah Tangkap Gugat Polda Metro Jaya Rp 746 Juta, Polisi Merasa Tak Salahi Aturan

Baca: Penampakan Terkini Anak Kandung Farhat Abbas, Gusti Rayhan Ngaku yang Baru 2 Kali Bertemu Ayahnya

Baca: Dukung Kapuas Kembali Raih Adipura, Pramuka dan Kodim 1011/Kualakapuas Laksanakan Operasi Semut

Matsama MAN Kapuas tahun ini dikemas juga dalam suasana edukasi untuk mengasah bakat dan keterampilan siswa baru.

Tidak hanya diisi dengan pengenalan tata tertib dan sejumlah hal yang berkaitan dengan MAN Kapuas, namun siswa baru juga diberi kesempatan untuk unjuk kebolehan di depan teman baru mereka.

"Ada perbedaan dalam Matsama tahun ini yaitu kami berikan kesempatan kepada siswa baru dari masing-masing kelompok untuk unjuk kebolehan," jelas Penanggungjawab Matsama MAN Kapuas, Hj Noor Jennah, Kamis (18/7/2019).

Selain mengasah keberanian dan penampilan siswa baru juga untuk melihat potensi yang mereka miliki agar MAN Kapuas bisa mengasahnya.

Tidak hanya itu, Matsama juga diisi dengan pemberian materi public speaking dan motivasi yang disampaikan oleh Duta Baca, Muhammad Najibudin.

Halaman
12
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved