Berita Kabupaten Banjar

Maknai HUT ke-68 Bidan Indonesia, Bidan di Martapura Kabupaten Banjar Bahas Hal Ini

Kalangan bidan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), larut dalam suasana suka cita, Kamis (18/07/2019).

Maknai HUT ke-68 Bidan Indonesia, Bidan di Martapura Kabupaten Banjar Bahas Hal Ini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
SUASANA talk show yang diikuti kalangan bidan di Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kalangan bidan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), larut dalam suasana suka cita, Kamis (18/07/2019). Mereka ceria mengikuti perayaan HUT ke-68 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Banjar.

Apalagi perayaan tersebut digelar di tempat yang cukup nyaman yakni di hotel berbintang di Kota Banjarbaru, tak jauh dari bundaran setempat. Mengenakan seragam warna putih berbintik dipadu bawahan (rok) warna gelap, mereka sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Hal yang lebih membahagiakan mereka, Bupati Banjar H Khalilurrahman meluangkan hadir pada perayaan HUT ke-68 IBI tersebut. Jajaran petinggi Pemkab Banjar juga turut hadir, seperti Kepala Dinas Kesehatan Banjar Ikhwansyah serta Ketua IBI Provinsi Kalimantan Selatan Tutut Barkinah.

Ikhwansyah bahkan tiba di lokasi acara sejak awal. Kehadirannya disambut hangat kalangan bidan, di antaranya juga ada yang mencium tangan pejabat eselon II di Bumi barakat tersebut.

Baca: Murid Cuma Empat Orang, tapi Siswa dan Guru SDN di Banjar Ini Tetap Semangat

Baca: Begini Cara Menteri Susi dan Jonan “Sentil” Sri Mulyani soal Insentif Mobil Listrik

Memaknai perayaan HUT ke-68 IBI tersebut, IBI Kabupaten Banjar tak cuma memotong tumpeng saja. Lebih dari itu mereka juga menggelar talk show mengupas tuntas terkait penanganan persalinan dengan segenap persoalannya.

Talk show tersebut bertema bidan melindungi hak kesehatan melalui pemberdayaan peeempuan dan optimalisasi pelayanan kebidanan. Ratusan bidan yang hadir sangat antusias mendengarkan dan meresapi pemaparan narasumber di antaranya dr Hari Subagio dari Rumah Sakit Pelita Insani, Martapura.

Hari memaparkan secara detail teori penanganan persalinan secara benar. Termasuk cara mudah mendeteksi tahapan pembukaan vagina perempuan saat menjalani proses persalinan.

Pemahaman hal tersebut dinyatakannya sangat penting karena berkaitan dengan tindakan yang akan dilakukan. "Prinsip utama dalam menjalankan tugas adalah kedisiplinan, ini yang penting," tegasnya.

ANTUSIAS - Kalangan bidan di Banjar antusias mengikuti talk show pada perayaan HUT ke-68 IBI di hotel berbintang di Banjarbaru, Kamis (18/07/2019).
ANTUSIAS - Kalangan bidan di Banjar antusias mengikuti talk show pada perayaan HUT ke-68 IBI di hotel berbintang di Banjarbaru, Kamis (18/07/2019). (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Ia juga mengatakan semua jenis pekerjaan juga selalu memiliki tantangan serta risiko. Termasuk di dalamnya adalah risiko hukum ketika lalai dalam menjalankan pekerjaan. karena itu semua orang mesti selalu cermat dan tepat dalam melaksanakan tugas.

Baca: Jamaah Calon Haji HSU Berangkat ke Tanah Suci, Bupati Wahid Antar Hingga ke Pesawat

Baca: 450 Pelajar Mendapatkan Sosialisasi Tentang Bahaya Radikalisme

Pada talk show tersebut persoalan khitan (sunat) perempuan juga mengemuka. "Saat ini muncul semacam kegelisahan menyusul adanya SK Menkes nomor 9 tahun 2014 yang intinya tak me-support lagi terhadap khitan perempuan," sebut Ketua IBI Kalsel Tutut Barkinah.

Tutut kemudian menanyakan hal tersebut kepada Kepala Kementerian Agama Banjar H Izzudin yang turut menjadi pemateri pada talk show tersebut. Izzudin menegaskan pada prinsipnya kebersihan dan kesehatan menjadi hal penting dalam perspektif hukum agama (Islam).

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved