Berita Kotabaru

Mamake Hill Kotabaru Bakal Dijadikan Puncak Wisata Sejuta Bunga, Disini Lokasinya

Sejumlah wisata di Kabupaten Kotabaru terus dikembangkan Pemerintah Daerah secara bertahap, setelah Pantai Sarang Tiung yang sedang proses dibangun

Mamake Hill Kotabaru Bakal Dijadikan Puncak Wisata Sejuta Bunga, Disini Lokasinya
Istimewa
Pembukaan Jalan Menuju Puncak Bukit Mamake Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Sejumlah wisata di Kabupaten Kotabaru terus dikembangkan Pemerintah Daerah secara bertahap, setelah Pantai Sarang Tiung yang sedang proses dibangunnya Waterpark, kini giliran Gunung Mamake.

Wisata puncak pegunungan yang menyajikan pemandangan indah bisa melihat perkotaan, pulau dan lautnya dari puncak. Wisata ini pun dikembangkan dan secara resmi Bupati Kotabaru H Sayed Jafar langsung melakukan syukuran untuk pembukaan jalan menuju puncak Mamake, Rabu (17/7/19) kemarin.

Pengembangan wisata Mamake Hill ini melibatkan perusahaan sekitar yakni dari PT Arutmin Pemancingan Kotabaru. Sehingga pembangunaan jalannya tidak menggunakan anggaran APBD, melainkan dengan dana CSR dari perusahaan, dengan rute dari Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Utara, Kotabaru.

Menurut Sayed Jafar, strategi pengembangan pariwisata yang baik dan profesional, baiknya dikelola oleh pihak Swasta. Sehingga pengelolaannya bisa lebih dimaksimalkan tanpa menggunakan APBD.

Baca: BERLANGSUNG Live streaming Trans7 Indonesia Open 2019 Marcus/Kevin dan Anthony Ginting Main

Baca: Status Hubungan Ayu Ting Ting dan Raffi Ahmad Hingga Enji Baskoro Dibongkar Melaney Ricardo?

Baca: GIIAS 2019 - Inilah Daftar Mobil Baru yang Dipajang dan Dijual Siang Ini, Suzuki Jimny Generasi Baru


Masih menurutnya, melakukan perambahan jalan dari jalan raya menuju puncak bukit Mamake menggunakan doozer milik PT Arutmin. Sementara panjang jalan akan dirambah menuju puncak Mamake sekitar 1 KM lebih.

"Pengelolaan pariwisata kita serahkan ke pihak swasta merupakan tindakan paling penting. Peran dari perusahaan adalah untuk membantu pengembangan daerah. Kali ini kita libatkan dalam pengelolaan wisata pihak ketiga secara profesional, " katanya.

Dia menjelaskan, Bukit Mamake ini selain ketinggiannya memadai, para pengunjung juga dapat melihat pemandangan sekelilingnya dengan bebas tanpa terhalang apapun. Sebab, pengunjung bisa langsung melihat kota dan pemandangan dari atas puncak, seperti bukit dan hingga lautnya.

"Kalau jalannya sudah tembus sampai puncak, kami akan bangun Gajebo. Kita libatkan semua SKPD untuk memperindah wisata Bukit Mamake ini. Jadi tiap SKPD akan dapat wilayah kaplingan dan dikaplingannya itu akan dibangun beraneka macam kembang untuk mempercantik puncak Mamake, " katanya.

Selain suguhan pemandangan menuju puncak, pengunjung juga akan disuguhkan dengan obyek wisata aneka buah. Sebab, didaerah tersebut terdapat banyak buah-buahan milik masyarakat di antaranya, durian, sukun, rambutan, langsat, cempedak, sayur-sayuran dan sajian alam hutan meranti.

"Untuk menambah keindahn dan upaya menarik wisatawan, dari puncak Mamake nantinya kita akan kembangkan olahraga paralayang karena lokasinya cukup mendukung. Sedangkan di wisata Hutan Meranti kita kembangkan olaharaga Gantole dan persiapan membangun lapangan golf disekitar wilayah Hutan Meranti, " tandasnya.
(Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved