Yayasan Adaro Bangun Negeri

Manfaatkan Asap Cair dari Limbah Sekam, Begini Kualitas Karet Petani Desa Kalahiang Balangan

Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) bersama Koperasi Sungai Kihung Lestari desa Kalahiang Balangan, produksi asap cair menggunakan limbah sekam padi

Manfaatkan Asap Cair dari Limbah Sekam, Begini Kualitas Karet Petani Desa Kalahiang Balangan
yabn
Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) bersama Koperasi Sungai Kihung Kabupaten Balangan, mengembangkan produksi asap cair menggunakan limbah dari sekam padi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) bersama Koperasi Sungai Kihung Lestari desa Kalahiang Kabupaten Balangan, mengembangkan produksi asap cair menggunakan limbah dari sekam padi.

 Pembuatan asap cair sebagai upaya meningkatkan mutu karet yang dihasilkan petani karet.

 Staf Ekonomi YABN, Chandra Fajar Putra menjelaskan dari hasil pengujian ini asap dari pembakaran sekam padi dapat digunakan sebagai pembeku karet. Selain itu sebagai sarana alternatif memanfaatkan limbah dari petani.

 “Dari uji coba yang dilakukan, hasilnya tidak terlalu jauh berbeda dengan asap cair kayu halaban, dan ini pun bisa dimanfaatkan sebagai pembeku karet” jelas Chandra

Pembuatan asap cair sebagai upaya meningkatkan mutu karet yang dihasilkan petani karet.
Pembuatan asap cair sebagai upaya meningkatkan mutu karet yang dihasilkan petani karet. (yabn)

 Dari hasil pembakaran 14 kilogram limbah sekam yang tidak digunakan diperoleh 6 liter asap cair.

 Manfaat asap cair sendiri telah dirasakan secara nyata oleh para petani karet yang tergabung dalam Koperasi Sungai Kihung Lestari.

 Lateks dengan pengental asap cair memiliki elastisitas lebih tinggi, tidak berbau menyengat dan tidak mengikat air dengan demikian menciptakan bahan olahan karet yang berkualitas dengan nilai kadar karet kering (KKK) menembus angka 80%.

Hasil pengujian ini asap dari pembakaran sekam padi dapat digunakan sebagai pembeku karet.
Hasil pengujian ini asap dari pembakaran sekam padi dapat digunakan sebagai pembeku karet. (yabn)

Anggota koperasi juga terus mensosialisasikan penggunaan asap cair di daerahnya sehingga bahan olahan karet yang dihasilkan petani dapat meningkat dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain asap cair anggota koperasi juga dapat memanfaatkan hasil pembakaran dari sekam padi untuk media tanam untuk pupuk tanaman.

Selain asap cair kelompok bisa memanfaatkan hasil pembakaran dari sekam padi untuk media tanam untuk pupuk tanaman.
Selain asap cair kelompok bisa memanfaatkan hasil pembakaran dari sekam padi untuk media tanam untuk pupuk tanaman. (yabn)

(AOL/*)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved