Berita Kabupaten Banjar

Murid Cuma Empat Orang, tapi Siswa dan Guru SDN di Banjar Ini Tetap Semangat

Seperti di ruang kelas tiga yang berada di lantai dua. Hanya ada empat orang murid di ruangan berukuran sekitar lima kali empat meter persegi tersebut

Murid Cuma Empat Orang, tapi Siswa dan Guru SDN di Banjar Ini Tetap Semangat
banjarmasinpost.co.id/idda royani
MEGAH -┬áInilah gedung SDN Tunggul Irang Ulu yang cukup megah sejak direhab total, dua tahun lalu, bersumber dari dana APBN. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Matahari besinar cukup terik, Kamis (18/07/2019) siang. Suasana di SDN Tunggul Irang Ulu, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), terasa begitu tenang.

Tak terlihat satu pun murid yang berkeliaran di halaman. Siang itu, semua murid setempat sedang konsentrasi belajar di ruangan masing-masing. Hampir pada seluruh ruang kelas, cuma tampak segelintir murid yang belajar.

Seperti di ruang kelas tiga yang berada di lantai dua. Hanya ada empat orang murid di ruangan berukuran sekitar lima kali empat meter persegi tersebut. Sang guru, Farid Wajidi juga terlihat serius mengajar.

"Ini saya sedang belajar bahasa, menyusun kalimat yang baik dan benar," tutur Farid kepada BPost Online di sela aktivitasnya mengajar.

Ia menuturkan jumlah muridnya lima orang. Namun satu orang di antaranya sejak hari pertama masuk sekolah (pascalibur), awal pekan tadi, tak ada kabar. "Dengar-dengar sih katanya berhenti sekolah. Tapi, belum kami konfirmasi kepada orangtuanya. Mudah-mudahan tetap bersekolah," harapnya.

Baca: Murid Baru di SDN Kalumpang Kabupaten HSS Hanya Tiga Orang, Guru Pun Lebih Fokus Mendidik

Baca: NEWSVIDEO : Meski Dekat Pasar Martapura, SDN Tunggul Irang Ulu Hanya Punya 42 Murid

Baca: Sekolah Dasar Negeri di Banjar Ini Langganan Kehilangan Murid

Farid mengatakan jumlah murid di sekolahnya memang minim. Meski begitu semua guru dan seluruh murid setempat tetap memiliki semangat belajar mengajar yang tinggi.

"Alhamdulillah walau cuma segelintir jumlah murid di sini, tapi anak-anak didik kami semangat belajanya kuat," tandasnya.

Kondisi ruang belajar di lantai dua SDN Tunggul Irang Ulu
Kondisi ruang belajar di lantai dua SDN Tunggul Irang Ulu (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Kepala SDN Tunggul Irang Ulu, Hj Noor Aida menyebutkan jumlah total muridnya saat ini cuma 42 orang.

Pada tahun ajaran baru saat ini (2019) cuma dapat enam orang murid baru. Ini menyusul banyaknya lembaga pendidikan nonformal berbasis keagamaan di wilayah setempat dan kuatnya detak napas religius kehidupan masyarakat Kabupaten Banjar khususnya di Kota Martapura.

Karena itu pula, menterengnya gedung SDN Tunggul Irang Ulu tak cukup menjadi daya tarik. Padahal sekolah ini juga terletak di tepi jalan beraspal mulus serta mudah dijangkau dan masih berada di wilayah Kota Martapura.

Perpustakaan SDN Tunggul Irang Ulu yang megah
Perpustakaan SDN Tunggul Irang Ulu yang megah (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Sekolah berlantai dua tersebut juga memiliki gedung perpustakaan yang cukup representatif. Ruang bacanya luas dan koleksi buku bacaannya juga lumayan banyak.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved