Berita HST

Sumbang Darah Jadi Acuan Kesehatan Anggota TNI, Ini Kata Dandim 1002/ Barabai

Selain rutin menggelar pekan sehat, Kodim 1002/Barabai juga punya cara tersendiri mengukur kesehatan anggotanya. Misalnya saja, melalui donor darah.

Sumbang Darah Jadi Acuan Kesehatan Anggota TNI, Ini Kata Dandim 1002/ Barabai
HO/Humas Kodim
Anggota Kodim 1002/Barabai menyumbangkan darah dalam kegiatan Donor Darah, Kamis (18/7/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Selain rutin menggelar pekan sehat, Kodim 1002/Barabai juga punya cara tersendiri mengukur kesehatan anggotanya. Misalnya saja, melalui donor darah.

Koordinator kegiatan Pasiter Kodim 1002/Barabai, Kapten Inf Abdi Hermianto, membeberkan anggota yang dapat menyumbangkan darahnya berarti sehat. Menurutnya, untuk dapat mendonorkan darah, kesehatan seseorang harus stabil. Bebeas dari penyakit menular dan bebas dari penyakit berbahaya.

"Jadi kalau ada anggota yang rutin donor darah berarti sehat. Hanya yang sehat darahnya yang dapat menyumbangkan darahnya," bebernya.

Selain itu bebernya, tujuan dari donor darah ini untuk mencukupi stock darah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Baca: Tim KPK Empat Hari Cek Tambang di Kalsel Pastikan Reklamasi Dijalankan, Kantongi Data Jamrek

Baca: Bahaya Tersembunyi Age Challenge Seperti Dilakukan Agnez Mo, Dian Sastro, BCL Hingga Afgan

Tak tanggung-tanggung, dalam kegiatan donor darah yang dilakukan dalam rangka peringatan HUT ke-61 Kodam VI/Mulawarman, terkumpul sebanyak 50 kantung darah.

Anggota Kodim 1002/Barabai yang menyumbang langsung datang ke unit transfusi darah Rumah Sakit Damanhuri Barabai di Jalan Murakata.

Komandan Kodim 1002/Barabai, Letkol Inf Nur Zein, mengatakan donor darah  tidak hanya bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan darah. Tapi sebagai pendonor, turut mendapatkan manfaat besar ketika rutin mendonorkan darah.

"Ya donor darah bagian salah dari periksa kesehatan. Karena donor darah juga dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Darah akan diperiksa di laboratorium. Kalau lolos untuk donor darah dan rutin berarti sehat," tuntasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved