Ekonomi dan Bisnis

Cabai Merah Hingga Emas Perhiasan Bakal Pengaruhi Inflasi Juli 2019, Ini Penjelasan Bank Indonesia

Berdasarkan hasil survei pemantauan Harga Bank Indonesia (BI), tingkat inflasi hingga pekan ke-3 Juli 2019 sebesar 0,2 persen dari bulan ke bulan

Cabai Merah Hingga Emas Perhiasan Bakal Pengaruhi Inflasi Juli 2019, Ini Penjelasan Bank Indonesia
banjarmasinpost.co.id/sudarti
Harga Cabai Rawit Naik Lagi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Berdasarkan hasil survei pemantauan Harga Bank Indonesia (BI), tingkat inflasi hingga pekan ke-3 Juli 2019 sebesar 0,2 persen dari bulan ke bulan, dengan tingkat inflasi tahunan sebesar 3,2 persen.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memaparkan, besaran inflasi dikontribusikan oleh beberapa komoditas, seperti cabai merah hingga emas perhiasan.

Adapun cabai merah memiliki kontribusi cukup tinggi terhadap tingkat inflasi pada periode Juli 2019 ini. Pasalnya, sumbangan kenaikan harga cabai merah terhadap inflasi mencapai 0,15 persen. Adapun untuk cabai rawit sebesar 0,1 persen dan emas perhiasan sebesar 0,04 persen.

Baca: Sosok Keponakan Maia Estianty, Diandra Marsha Shafiera yang Lulus ITB Kurang dari 3 Tahun

Baca: Hasil Perempatfinal Indonesia Open 2019, Tontowi/Winny Tak Lolos Semifinal Kalah dari Malaysia

Baca: Live TVRI & Mola TV! Jadwal Siaran Langsung ICC 2019 Sabtu (19/7) Manchester United vs Inter Milan

"Berdasarkan survei pemantauan harga sampai minggu ke-3 Juli, kami perkirakan inflasi sebesar 0,2 persen (mtm) dan year on year sebesar 3,2 persen," ujar Perry di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

"Inflasi tercatat di beberapa komoditas, untuk cabai merah sumbangannya sebesar 0,15 persen, cabai rawit sebesar 0,1 persen dan emas perhiasan sebesar 0,04 persen," lanjut dia.

Adapun beberapa komoditas lain yang justru mengalami penurunan harga dan menyumbang terhadap deflasi adalah harga tarif angkutan antar kota sebesar 0,08 persen, bawang merah 0,05 persen, dan daging ayam ras 0,03 persen.

Perry menyimpulkan, inflasi hingga minggu ke-3 Juli 2019 ini terjaga rendah. Berbeda dengan dua bulan sebelumnya yang cukup tinggi lantaran momentum Ramadhan dan Idul Fitri.

"Tapi mulai Juli sudah turun, kembali rendah, normal. Insyallah akhir tahun inflasi di bawah titik tengan sasaran 3,5 persen," ujar dia.

Berita ini juga ada di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved