Berita Kalteng

Pemindahan Ibu Kota RI ke Kalimantan Dimatangkan, Bappenas Gelar ini

Rencana pemindahan Ibu Kota Pemerintahan Republik Indonesia ke Kalimantan terus dimatangkan. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Pemindahan Ibu Kota RI ke Kalimantan Dimatangkan, Bappenas Gelar ini
tribunkalteng.co/fathurahman
Bappenas RI menggelar dialog nasional, Jumat (19/7/2019) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah untuk memastikan kesiapan Kalteng sebagai salah satu calon Ibu Kota Pemerintahan RI 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Rencana pemindahan Ibu Kota Pemerintahan Republik Indonesia ke Kalimantan terus dimatangkan.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) /Kementerian Pembangunan Perencanaan Nasional (KPPN) hingga menggelar dialog nasional, Jumat (19/7/2019) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, untuk memastikan kesiapan Kalteng sebagai salah satu calon.

Beberapa pembicara yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Rudi S Prawiradinata, Deputi Menteri Bappenas, bidang pengembangan regional Hasil Kajian Pemindahan Ibu Kota Negara dan Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, serta beberapa pakar dari perguruan tinggi setempat.

Kegiatan dialog tersebut menyikapi adanya rencana pemindahan Ibu Kota Pemerintahan RI ke Kalimantan yang salah satunya menjadi calon kuat adalah Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca: Ancaman Sunan Kalijaga Bagi yang Usik Salmafina Sunan, Mantan Mertua Taqy Malik Tak Tenang?

Baca: Kabar Pablo Benua dan Rey Utami Pecat Farhat Abbas dan Andar Situmorang di Kasus Galih Hina Fairuz

Baca: Kepastian Syahrini Hamil Menguat dari Foto Istri Reino Barack yang Ngidam ke Mall?

Baca: Luna Maya Siap Akhiri Janji pada Reino Barack di Agustus Ini, Tentukan Nasib Faisal Nasimuddin?

"Ada beberapa keunggulan Kalteng untuk dicalonkan sebagai Ibu Kota Pemerintahan RI tersebut," ujar Rudi.

Ini kata dia, salah satunnya adalah posisi Kalteng yang berada di tengah-tengah, adanya pelabuhan laut, lahan luas yang masih bisa dibangun untuk satu pemerintahan hingga tidak ada potensi gempa di Kalteng, karena tidak adanya patahan di provinsi tersebut.

"Masih banyak keunggulan Kalteng sehingga dianggap layak untuk calon Ibu Kota Pemerintahan RI," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, mengatakan, dia sangat optimistis nantinya Kalimantan Tengah lah yang akan dipilih sebagai Ibu Kota Pemerintahan RI, karena sejak lama memang disiapkan oleh Presiden Pertama RI sebagai pengganti Jakarta.

"Insha Allah, nantinya Kalteng lah yang akan dipilih sebagai Ibu Kota Pemerintahan pengganti Jakarta, saya sangat yakin, tapi tentu sebagai mahkluk ciptaan Allah, hanya bisa berdoa, sedangkan usaha sudah dilakukan maksimal, namun jika nantinya memang dipilih, Kalteng siap," ujarnya.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved