Suara Pembaca

Perlu Biaya Kuliah Anak, Bolehkah Ambil Sebagian Uang Saldo JHT

Apa boleh mengambil sedikit uang dari saldo JHT untuk keperluan bayar kuliah anak?

Perlu Biaya Kuliah Anak, Bolehkah Ambil Sebagian Uang Saldo JHT
istimewa
Dian Zulfikar Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Assalamualaikum. Kepada Yth. BPJS Ketenagakerjaan di Banjarmasin. Mohon izin, saya mau nanya saja, apa boleh mengambil sedikit uang dari saldo JHT untuk keperluan bayar kuliah anak? Terima kasih atas perhatiannya. 082155304978

 TANGGAPAN:
PERLU diketahui bahwa, peserta yang masih bekerja juga bisa mengurus pencairan JHT. Tapi tentu dengan memenuhi syarat-syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Antara lain, masa kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek sudah lebih dari 10 tahun dan saldo JHT tidak boleh dicairkan semuanya.

Hanya boleh diambil sebagian yaitu sebesar 10 persen atau 30 persen dari jumlah keseluruhan saldo JHT yang telah terkumpul.

Tujuan dari klaim JHT sebagian, sebesar 10 persen persen dapat dipergunakan sifatnya konsumtif dan sebagainya, sedangkan 30 persen untuk biaya perumahan bagi karyawan.

Namun, perlu diketahui juga bahwa pencairan JHT sebagian ini, kita akan dikenakan pajak progresif mulai dari 5 persen hingga 30 persen. Rinciannya, jika saldo JHT di bawah Rp 50 juta akan dikenakan pajak sebesar 5 persen.

Kemudian kalau kita memiliki saldo JHT antara Rp 50 juta sampai Rp 250 juta, maka tarif pajaknya sebesar 15 persen.

Lalu untuk saldo JHT Rp 250 juta sampai Rp 500 juta pajaknya sebesar 25 persen. Sementara yang saldo JHT-nya sudah lebih dari 500 juta, tarif pajaknya adalah 30 persen.

Tapi jika kita tidak pernah mencairkan JHT sebagian seperti ini, artinya saldo JHT terus dibiarkan utuh, maka nanti ketika pencairan di usia pensiun (56 tahun), berapa pun total saldonya, kita hanya dikenakan pajak sebesar 5 persen. Demikian yang dapat kami jelaskan, terima kasih atas perhatiannya.

DIAN ZULFIKAR
Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Banjarmasin

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved