Berita Cuaca

Gelombang Laut Capai 6 Meter, Nelayan Diimbau Tak Melaut, BMKG: Ada Pembelokan Angin

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda merilis perkiraan gelombang laut di perairan Samudera Hindia

Gelombang Laut Capai 6 Meter, Nelayan Diimbau Tak Melaut, BMKG: Ada Pembelokan Angin
(Mike Stobe/Getty Images/AFP)
ilustrasi gelombang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, ACEH UTARA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda merilis perkiraan gelombang laut di perairan Samudera Hindia dan bagian barat Aceh yang mencapai 1,6 hingga 6 meter.

Sementara, perairan Sabang dan Banda Aceh mencapai 0,5- 5 meter selama kurun waktu 20-22 Juli 2019 mendatang.

Untuk gelombang laut di Selat Malaka diperkirakan mulai 0,5 hingga 4 meter. Untuk wilayah timur dan selatan, Provinsi Aceh diperkirakan gelombang laut mencapai 0,5 hingga 5 meter.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda Zakaria menyebutkan, penyebab tingginya gelombang laut di perairan Aceh dikarenakan adanya tekanan rendah di wilayah Samudera Pasifik bagian barat.

Baca: Mau Jadi Koki dengan Gaji Rp 345 Juta, Buruan Istana Buckingham Buka Lowongan

Baca: Mumi Janin Ditemukan Terbungkus Kain di Toilet Pesawat di Bandara Spanyol, Begini Penjelasan Polisi

Baca: All Indonesian Final! Hasil Semifinal Indonesia Open 2019, Marcus/Kevin vs Ahsan/Hendra di Final

“Akibat ada tekanan rendah itu, maka masa udara dari Samudera Hindia yang melintasi Aceh menuju ke Samudera Pasifik bagian barat, sehingga terjadi pergerakan masa yang menyebabkan angin sangat kencang,” terang Zakaria, Sabtu (20/7/2019).

Selain karena dipengaruhi oleh tekanan rendah, sambungnya, faktor lain yang menyebabkan tingginya gelombang laut akibat terjadi pembelokan angin di wilayah Aceh dan adanya penyatuan masa udara.

Sehingga, uap air yang terbawa dari Samudera Hindia, sehingga menyebabkan terjadinya pertumbuhan awan-awan konvektif yang hampir terjadi diseluruh Aceh dan nelayan diimbau untuk sementara waktu agar tidak melaut.

“Kami imbau nelayan sementara waktu jangan melaut dulu, karena gelombang laut sangat tinggi dan kalau gelombang sudah mencapai 5-6 meter tentunya kapal pasti sulit menembus ombak,” ujar Zakaria.

Berita Ini Sudah Ada di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved