Berita Banjarmasin

Kalsel Masih Kekurangan Pengawas Perusahaan, Segini Jumlah Perusahaan yang Harus Diawasi

Wajar bagi Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai pintu masuk bagi beberapa Provinsi lainnya di Pulau Kalimantan menjadi pilihan lokasi beroperasinya

Kalsel Masih Kekurangan Pengawas Perusahaan, Segini Jumlah Perusahaan yang Harus Diawasi
banjarmasinpost.co.id/acm
-Kadisnakertrans Provinsi Kalsel, Sugian Noorbah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Wajar bagi Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai pintu masuk bagi beberapa Provinsi lainnya di Pulau Kalimantan menjadi pilihan lokasi beroperasinya banyak perusahaan-perusahaan baik lokal maupun multinasional.

Hingga pertengahan Tahun 2019, total ada sebanyak 4.225 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor terdaftar di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalsel.

Namun ternyata Pemerintah Provinsi Kalsel belum memiliki kemampuan dan tenaga yang optimal untuk mengawasi perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Banua.

Pasalnya, menurut Kepala Disnakertrans Provinsi Kalsel, Sugian Noorbah, tenaga pengawas perusahaan yang dimilikinya saat ini hanya sebanyak tiga puluh delapan orang saja.

Baca: Reaksi Tak Terduga Ashanty Saat Keponakan Millendaru Implan Payudara, Istri Anang Hermansyah Terima?

Baca: Curi Perhatian di GIIAS 2019, Kupas Tuntas Honda ADV 150 Secara Langsung, Simak Ini

Baca: Nunung Srimulat Ditangkap Pakai Sabu untuk Stamina, 5 Cara Menjaga Kondisi Tubuh Tanpa Narkoba 

Baca: Respons Aneh Ammar Zoni Saat Ditanya Usia Kandungan Irish Bella, Pemeran Cinta Suci Sebutkan Ini

Jumlah tersebut menurutnya masih jauh dari ideal, dimana seharusnya setiap pengawas perusahaan maksimal hanya menangani pengawasan lima puluh perusahaan.

Namun dengan keterbatasan tenaga saat ini, masing-masing pengawas perusahaan harus menangani rata-rata seratus sebelas perusahaan yang tersebar di tiga belas Kabupaten/Kota di Kalsel.

"Jumlahnya yang memang masih kurang, kendalanya karena memang pengawas perusahaan ini harus berstatus PNS. Jadi agak terbatas memang orangnya," kata Sugian.

Saat ini jumlah pengawas perusahaan yang ada dibagi di beberapa balai milik Disnakertrans yaitu di Banjarmasin mencakup pelatihan tenaga kerja di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala, balai di Banjarbaru mencakup Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tapin dan Tanah Laut.

Sedangkan balai di Balangan mencakup Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Tengah, Utara dan Selatan serta Kabupaten Tabalong.

Terakhir balai di Tanah Bumbu mencakup Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved