Berita Banjarmasin

Kampanyekan Generasi Cerdas Tanpa Bullying, Sahabat Difabel dan Pemko Banjarmasin Gelar Ini

Kesetaraan anak-anak berkebutuhan khusus (difabel) dengan anak-anak normal kian gencar digaungkan. Meski berbeda, seluruh anak

Kampanyekan Generasi Cerdas Tanpa Bullying, Sahabat Difabel dan Pemko Banjarmasin Gelar Ini
banjarmasin post group/ mariana
Acara Peringatan Hari Anak Nasional 2019, di Kantor Wali Kota Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kesetaraan anak-anak berkebutuhan khusus (difabel) dengan anak-anak normal kian gencar digaungkan. Meski berbeda, seluruh anak memiliki kesempatan dan hak yang sama untuk mengembangkan kemampuan diri.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah sekaligus membuka secara resmi acara Peringatan Hari Anak Nasional, bertempat di Kantor Wali Kota Banjarmasin, Sabtu (20/7/2019).

"Kalsel sebagai provinsi percontohan yang mensejajarkan kaum difabel dengan orang-orang normal pada umumnya, harusnya peringatan ini bisa lebih meriah lagi, saya pun mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini yang mana memiliki tujuan yang mulia yakni menghentikan kekerasan terhadap anak," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Hermansyah menghimbau kepada masyarakat agar bersama berkomitmen menghentikan kekerasan terhadap anak, dan kekerasan anak terhadap kaum difabel.

Baca: LIVE TVRI! Live Streaming Manchester United vs Inter Milan di ICC 2019, Siaran Langsung di Mola TV

Baca: Indonesia Open 2019 - Wasit dan Hakim Garis Pakai Baju Tradisional Jawa, Berikut Penjelasan PBSI

Baca: Sule Dapat Peringatan Saat Unggah Momen Bareng Nunung Srimulat, Ini Kata Ayah Rizky Febian

Metode dan strategi yang tepat dan benar dalam mendidik anak, karena itu diperlukan pembinaan dan pendidikan secara dini untuk para orang tua dan lingkungan warga perlu dibekali pengetahuan dan keahlian baik metode pendidikan maupun strategi pembinaan yang akan diterapkan kepada anak-anak.

Hal yang penting ditambahkannya, para orangtua dalam melaksanakan pendidikan dalam keluarga adalah mencermati potensi yang ada dalam diri anak yang disesuaikan dengan tahap perkembangan, hal ini perlu menjadi perhatian agar potensi yang dikembangkan pada diri anak dapat dilakukan secara optimal tanpa ada unsur paksaan atau rekayasa.

"Dengan demikian anak dapat berkembang menjadi generasi yang pintar, cerdas tanpa bullying dan berkepribadian, serta sholeh dan sholehah. Melalui kegiatan ini saya mengharapkan adanya sosialisasi terkait hak-hak anak dan pengertian perlindungan terhadap anak," tukasnha

Dia juga berharap adanya deklarasi komitmen bersama pengertian kekerasan terhadap anak dan anak disabilitas. Selain itu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan seputar masalah potensi anak yang sesuai dengan tahap perkembangannya agar potensi tersebut dapat berkembang secara optimal.

Sementara itu, panitia pelaksana dari Sahabat Difabel Misliyani mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk mengkampayekan stop bullying di kalangan anak dan anak disabilitas.

Ada rangkaian lomba yang juga digelar dalam peringatan hari anak nasional ini, yakni lomba mewarnai tingkat SD kelas 3-5 dengan tema keberagaman anak Indonesia. Fashion show tingkat SD bertema busana daur ulang plastik, Cipta dan Baca Puisi tingkat SD bertema stop bulying menuju persaudaraan dan kerukunan, semua lomba tersebut dalam dua kategori disabilitas dan non disabilitas.

"Ada pula lomba Duta Anak Inklusi angkatan kedua :Kota Banjarmasin, ada seleksi ada tiga kategori yakni disablitas, non disabiltas, dan anak dari orangtua disabilitas," urai Misliyani.

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini juga digelar Jalan Santai yang menargetkan 1.000 peserta. Ada pula bazar food & clothing, serta ada talkshow. Selain Sahabat Difabel dan Pemko Banjarmasin, panitia lainnya yang turut andil ada organisasi difabel Banjarmasin (PPDI, HWDI, dan Gerkatin), Sabda Kota Banjarmasin, Pusat Rehabilitasi Yakkum, The Asian Foundation, PKK Kota Banjarmasin, dan Banua Cendekia. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved