Ekonomi dan Bisnis

Sistem Sempat Eror, Pengamat Ekonomi: Bank Mandiri Harus Berikan Recovery Service ke Nasabah

Bank Mandiri saat ini tengah melakukan pemeliharaan atau maintenance sistem teknologi informasi untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan nasabah.

Sistem Sempat Eror, Pengamat Ekonomi: Bank Mandiri Harus Berikan Recovery Service ke Nasabah
banjarmasinpost.co.id/acm
Suasana Bank Mandiri Cabang Samudera Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bank Mandiri saat ini tengah melakukan pemeliharaan atau maintenance sistem teknologi informasi untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan nasabah.

Dan sempat terjadi eror pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system, yabg mengakibatkan saldo sebagian nasabah Bank Mandiri berkurang hingga Rp 0.

Terkait hal ini, Pengamat Ekonomi dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Arief Budiman menyatakan, hal ini berpotensi menyebabkan kepercayaan nasabah menurun.

"Walaupun potensi eksodus nasabah ke bank lain cukup kecil, mengingat Bank Mandiri salah satu bank plat merah dengan infrastruktur yang kuat. Namun apabila kejadian serupa terjadi lagi 2-3 kali, siapa yang tidak khawatir, kemungkinan nasabah akan khawatit atau trauma," ucap Arief kepada Banjarmasinpost.co.id.

Ditambahkannya, Bank Mandiri tidak menggelar press confrence sebelumnya terhadap apa yang terjadi melalui jalur resmi. Hal ini memantik kekhawatiran masyarakat.

Baca: BERLANGSUNG! Live Streaming Timnas Indonesia U-18 vs Deltras Jelang Piala AFF U-18 2019 di PSSI TV

Baca: Wadah Pegawai KPK Minta Tak Ada Jatah-Jatahan Capim KPK, Rizal Ramli Ingatkan Ini

Baca: Pedangdut Belia Indri Nyanyi di Tempat Bilyard dan Cafe di Kota Banjarmasin

"Bank Mandiri harus melakukan recovery service atau memberikan sebuah kompensasi terhadap masyarakat yang rekeningnya sempat bermasalah ataupun saldonya berkurang untuk mendapatkan kompensasi misalnya, bebas biaya administrasi selama setahun ataupun lainnya karena mengembalikan kepercayaan masyarakat cukup sulit terlebih Mandiri merupakan salah satu Bank BUMN yang besar tentunya hal ini menjadi catatan tersendiri bagi Bank Mandiri," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor OJK Regional IX Kalimantan, Haryanto berjanji pihaknya akan terus melakukan monitoring terhadap saldo nasabah Bank Mandiri.

“Masyarakat harap tenang, gangguan sistem sudah ditangani. Tidak akan hilang uang nasabah,” jelas Haryanto.

Dia juga mengatakan seluruh OJK saat ini sedang mengawasi Bank Mandiri yang sempat mengalami kegagalan sistem. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved