Breaking News:

Tribun Smart

Duta Baca Kalsel 2019, Obsesinya Tak Semata Menyandang Gelar Juara tapi Mewujudkan Niat Mulia ini

Akrab dengan dunia literasi sejak masih kecil, membawa berkah tersendiri bagi perempuan bernama lengkap Rachmi Nafissa Ramadhan ini.

BPost Cetak
Tribun Smart edisi cetak Minggu (21/7/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - BERBEKAL kecintaan akan buku berhasil mengantarkan Icha sebagai Duta Baca Kalsel 2019.

Tapi obsesinya tak semata menjadi juara, dia ingin mengajak milenial gemar membaca.

Akrab dengan dunia literasi sejak masih kecil, membawa berkah tersendiri bagi perempuan bernama lengkap Rachmi Nafissa Ramadhan ini.

Perempuan asal Tabalong menjadi juara dalam lomba Duta Baca Kalsel 2019 yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Kalsel.

Lomba yang dilaksanakan Kamis (11/7) di Perpustakaan Palnam Banjarmasin ini diikuti oleh total 15 peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai kabupaten maupun kota yang ada di Kalsel.

Baca: Foto Puput Nastiti Devi Diduga Hamil Disorot, Ahok Alias BTP Sudah Siapkan Nama untuk Adik Nathania

Baca: Agar Tidak Seperti Nunung, Begini Dokter Ahli Beri Tips Terhindar Narkoba

Baca: Amarah Barbie Kumalasari Sebut Koruptor Saat Bela Galih di Kasus Hina Fairuz di Vlog Rey Utami

Baca: Keluarga Polo Bongkar Nunung Pakai Narkoba Sejak 1998, Sebut Bom Waktu Bagi Komedian di Ini Talkshow

Baca: Alasan Ammar Zoni Rahasiakan Usia Kandungan Irish Bella, Pemeran Cinta Suci Sebut Ini

Perempuan yang akrab disapa Icha ini pun merupakan satu-satunya perwakilan dari Kabupaten Tabalong untuk mengikuti ajang tersebut.

Bukan tanpa alasan Icha didapuk untuk mewakili Tabalong di ajang ini, yakni karena pernah menjadi juara Duta Baca Tabalong pada 2017.

Peserta sendiri melewati dua tahap, yakni berupa tes tertulis sekitar 30 menit kemudian juga sesi wawancara sekitar 10 menit dengan empat juri.

Dan setelah melewati semua proses penilaian, akhirnya Icha pun dinobatkan sebagai pemenang sekaligus menyandang gelar Duta Baca Kalsel 2019.

Kepada BPost, Icha pun mengaku sempat tidak menyangka dinobatkan sebagai pemenang dalam lomba tersebut.

Terlebih lagi peserta lain yang menjadi saingannya syarat pengalaman bahkan ada yang sudah mengenyam pendidikan S2.

Dan yang tidak kalah menariknya lagi, ternyata Icha merupakan peserta termuda.

"Memang syarat peserta minimal usia 18 tahun dan maksimal 40 tahun. Dan peserta lainnya sangat berpengalaman, karena ada mahasiswa, ada guru bahkan ada yang sudah S2. Saya menjadi peserta termuda, dan tujuannya ingin mencari pengalaman saja dan tidak menyangka bisa menang. Alhamdulillah diberi kesempatan menang," kata perempuan berusia 18 tahun ini.

Icha mengatakan bahwa dirinya pun tidak ada melakukan persiapan secara khusus untuk mengikuti Duta Baca Kalsel 2019 tersebut.

"Kebetulan saya pun dikabari untuk ikut lomba ini hanya beberapa hari sebelum dilaksanakan, jadi tidak ada persiapan khusus. Tapi saya dapat kisi-kisi seputar perpustakaan dan itu yang saya pelajari," katanya.

Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved