Ekonomi dan Bisnis

Ingin Sejahtera Keuangan, Perempuan Wajib Berinvestasi, Ini Penjelasannya

Salah satu kunci penting mencapai kesejahteraan keuangan adalah dengan berinvestasi. Namun demikian, banyak di antara kaum perempuan

Ingin Sejahtera Keuangan, Perempuan Wajib Berinvestasi, Ini Penjelasannya
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi perempuan berinvestasi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, LONDON - Dalam hidup, kesejahteraan tak hanya soal lahir dan batin, namun juga keuangan. Memperhatikan kondisi keuangan juga membentuk kesejahteraan dalam kehidupan Anda.

Salah satu kunci penting mencapai kesejahteraan keuangan adalah dengan berinvestasi. Namun demikian, banyak di antara kaum perempuan yang menghentikan langkah investasinya pada menabung.

Padahal, menempatkan penghasilan pada tabungan hanya memberikan bunga yang kecil. Menurut Helena Morrissey, pendiri 30% Club dan penulis A Good Time to be a Girl, perempuan harus melangkah lebih jauh dari sekedar menabung.

Morrissey yang juga kepala investasi di Legal & General Investment Management mengatakan, berinvestasi dapat menempatkan perempuan pada posisi yang lebih kuat secara finansial.

Baca: Fakta Pernikahan Nunung Srimulat dan Iyan Sambiran Diungkap Mantan Istri Dewi Vistiatin

Baca: Protes Keras Nathania Purnama pada Ahok Alias BTP Singgung Puput Nastiti Devi Demi Bela Veronica Tan

Baca: LINK Live Streaming Persija Jakarta vs PSM Makassar Final Piala Indonesia di RCTI, Cek Jawapos TV

"Tidak ada periode dalam sejarah di mana orang tidak lebih baik dengan berinvestasi, sehingga uang Anda akan tumbuh. Meski tidak ada jaminan untuk masa depan, sebab berinvestasi bisa menguntungkan dan merugikan," jelas Morrissey seperti dikutip dari Good Housekeeping UK, Minggu (21/7/2019).

"Jika Anda berpikir (menabung) uang tunai lebih baik karena risikonya rendah, pikir ulang karena ada inflasi, sehingga Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih sedikit," ujar Morrissey.

Kecuali jika Anda memperoleh bunga yang lebih tinggi dari inflasi, Anda bisa kehilangan uang dengan menyimpan uang Anda di dalam tabungan. Jadi, dalam hal menabung untuk jangka panjang, berinvestasi bisa membuat uang bekerja lebih keras untuk Anda.

Nah, mengapa perempuan harus berinvestasi?

Menurut Morrissey, kaum perempuan sebetulnya adalah investor yang baik. Namun, kerap kali perempuan cenderung cemas dan tak jarang meyakini bahwa berinvestasi terlalu berisiko.

" Berinvestasi tidak mirip dengan berjudi dan tidak serumit itu ketika Anda sudah memulai. Faktanya, ketika perempuan sudah mulai (berinvestasi), mereka akan berinvestasi dengan baik," jelas Morrissey.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved