Tribun Smart

Minat Baca Icha Tumbuh Sejak TK Lewat Majalah Anak-anak yang Dibelikan Orangtuanya

Alumni SMAN 1 Tanjung ini pun ternyata memang memiliki minat atau ketertarikannya akan dunia literasi ini sejak masih duduk di bangku TK.

Minat Baca Icha Tumbuh Sejak TK Lewat Majalah Anak-anak yang Dibelikan Orangtuanya
BPost Cetak
Tribun Smart edisi cetak Minggu (21/7/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Alumni SMAN 1 Tanjung ini pun ternyata memang memiliki minat atau ketertarikannya akan dunia literasi ini sejak masih duduk di bangku TK.

"Dari TK sudah suka baca apalagi sering dibelikan orangtua majalah anak-anak seperti Bobo dan Tiko. Kemudian kelas tiga SD saya sudah sering ke perpustakaan di Tabalong bahkan tiap hari saya kesana karena berdekatan juga dengan tempat saya belajar mengaji. Jadi sebelum atau sesudah ngaji saya pun main baca-baca disana," jelasnya.

Menyandang gelar sebagai Duta Baca Kalsel 2019, tentunya Icha pun memiliki sebuah tanggung jawab untuk meningkatkan minat literasi di Banua.

Icha pun rupanya sudah mempersiapkan program yang bahkan sudah djalankankannya yakni mengajak anak muda di sekitarnya untuk menyukai dunia literasi.

Baca: Duta Baca Kalsel 2019, Obsesinya Tak Semata Menyandang Gelar Juara tapi Mewujudkan Niat Mulia ini

Baca: Foto Puput Nastiti Devi Diduga Hamil Disorot, Ahok Alias BTP Sudah Siapkan Nama untuk Adik Nathania

Baca: Amarah Barbie Kumalasari Sebut Koruptor Saat Bela Galih di Kasus Hina Fairuz di Vlog Rey Utami

Baca: Keluarga Polo Bongkar Nunung Pakai Narkoba Sejak 1998, Sebut Bom Waktu Bagi Komedian di Ini Talkshow

"Saya ingin menyebarkan virus literasi ini dimulai dari ruang lingkup kecil misalnya teman-teman saya. Kemudian kalau sudah berhasil, harapannya mereka pun menyebarkannya lagi," katanya.

Icha pun juga rupanya membidik anak-anak milenial untuk terkena virus literasi yang ingin disebarkannya, karena mereka menurutnya menjadi bagian penting.

"Saya membidik anak-anak milenial, karena mereka akan menjadi orangtua di masa depan. Dan kalau orangtuanya kuat literasinya, maka anak-anaknya pum juga akan kuat literasinya," jelasnya.

Dan untuk menebarkan virus literasi di kalangan milenial ini, Icha juga akan memanfaatkan perkembangan zaman atau kemajuan teknologi misalnya melalui gadget.

"Memang sebaiknya membaca buku fisik, tapi sekarang membaca juga bisa dilakukan melalui gadget karena perpustakaan pun juga ada layanan berupa ipusnas, wattpad dan juga twitter. Ya setidaknya kan menarik minat bacanya terlebih dahulu meskipun lewat gadget," katanya.

Dan Icha pun juga berharap literasi ke depannya tidak hanya sekadar sebuah formalitas saja.

“Misalnya untuk mengerjakan tugas saja. Tapi literasi yang memang benar-benar kemauan sendiri, apalagi banyak manfaat yang didapat dari membaca buku," pungkasnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved