Gadget

Ada Apa, Nokia Ujicoba OS Android pada Nokia 220, Mau Pasang Android?

Jika dilihat dengan seksama, ponsel tersebut memang identik dengan Nokia 220 yang telah diluncurkan beberapa tahun silam.

Ada Apa, Nokia Ujicoba OS Android pada Nokia 220, Mau Pasang Android?
kompas.com
Ilustrrasi Nokia x 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Info terkini bagi penggemar HP Nokia. Nokia dikabarkan tengah menguji coba sistem operasi (OS) Android pada Nokia 220 agar bisa berjalan di feature phone (ponsel berkemampuan dasar telepon dan SMS) bikinannya.

Hal itu diketahui dari penampakan sebuah ponsel feature yang menyeruak di dunia maya. Ponsel ini tampak memiliki tampilan home screen ala OS Android. Menurut sumber industri, ponsel ini disebut-sebut sebagi ponsel bikinan Nokia.

Jika dilihat dengan seksama, ponsel tersebut memang identik dengan Nokia 220 yang telah diluncurkan beberapa tahun silam.

Sama seperti Nokia 220, ponsel itu tampak berukuran mungil, memiliki layar kecil, dan dibekali dengan keyboard fisik T9. Perbedaan hanya terletak pada soft case yang menyelimuti ponsel fitur tersebut. Ada pula kamera selfie di bagian depan ponsel.

 
Ilustrasi ponsel fitur yang menjalankan sistem operasi Android (kiri) dan Nokia 220 (kanan)(9to5Google)

Terlepas dari perbedaan, jika dilihat layar ponsel tersebut dengan seksama, ada beberapa aplikasi yang sudah tidak asing lagi bagi pengguna, seperti YouTube dan Chrome.

Tampak juga tombol dengan ikon mikrofon seperti di Nokia 4.2, yang bisa digunakan untuk memanggil asisten digital Google Assistant.

Selain itu, tampilan status bar dan ikon-ikon di dalamnya, seperti indikator baterai, sinyal seluler, sinyal Wi-Fi, dan jam, juga terlihat mirip dengan dengan status bar OS Android yang ada di ponsel-ponsel pintar pada umumnya.

Lebih lanjut, ketika aplikasi YouTube dan Chrome dibuka, tampilannya juga identik dengan aplikasi YouTube dan Chrome di ponsel-ponsel Android pada umumnya.

Hanya saja, antarmuka kedua aplikasi tersebut tampak padat dengan elemen-elemen user interface aplikasi lantaran layarnya yang kecil. 

Kendati begitu, belum diketahui apakah ini benar-benar ponsel Nokia atau bukan. Belum jelas pula model OS Android apa yang digunakan di ponsel tersebut, lantaran Nokia juga belum memberikan komentar resmi terkait kabar ini.

Ada kemungkinan OS tersebut merupakan OS Android Go yang dirancang khusus untuk ponsel-ponsel fitur, yang memang tidak mengusung fitur touchscreen, dan RAM yang kecil, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneRadar, Senin (22/7/2019).

Menarik untuk diikuti, jika Nokia benar-benar mewujudkan sebuah ponsel fitur yang bisa menjalankan sistem operasi Android, lantaran belum ada ponsel fitur yang demikian. (Phone Radar)

(Penulis : Bill Clinten/KOMPAS)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ponsel Fitur Nokia 220 Bakal Dipasangi Android?", https://tekno.kompas.com/read/2019/07/22/07060077/ponsel-fitur-nokia-220-bakal-dipasangi-android-.

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved