Berita Kalteng

Desa Tangguh Bencana Dapat Bantuan Alat Pemadam Kebakaran dari China, Palangkaraya Mulai Cerah

Pemberiaan alat pemadam kebakaran tersebut sebagai upaya agar penanggulangan kebakaran lahan bisa segera dipadamkan, agar tidak menimbulkan kabut asap

Desa Tangguh Bencana Dapat Bantuan Alat Pemadam Kebakaran dari China, Palangkaraya Mulai Cerah
tribunkalteng.com/faturahman
Relawan mencoba menggunakan alat pemadam kebakaran lahan bantuan China diberikan kepada dua desa di Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan peralatan berupa mesin pompa air khusus untuk penanggulangan bencana dari Republik Rakyat Tiongkok (China).

Pemberiaan alat pemadam kebakaran tersebut sebagai upaya agar penanggulangan kebakaran lahan bisa segera dipadamkan, agar tidak menimbulkan kabut asap.

Pantauan di Palangkaraya, Senin (22/7/2019) udara pagi tampak sehat dan segar, meski masih terjadi kebakaran skala kecil dipinggiran kota dan kabupaten sekitar di Kalteng.

Peralatan pemadaman asal China tersebut hanya diberikan pada sejumlah desa yang selama ini merupakan Desa Tangguh Bencana yang didalamnya sudah personilnya sudah dilatih untuk penanggukangan bencana khususnya kebakaran lahan dan hutan.

Desa Tangguh bencana yang dapat peralatan pemadaman kebakaran khusus dari China tersebut, adalah Desa Tumbang Nusa Kabupaten Pulangpisau dan Kelurahan Petuk Ketimpun Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang selama ini.

Baca: Bank Mandiri Blokir 2.670 Rekening Nasabah, Pindahkan Saldo Tambahan ke Rekening Lain Saat IT Error

Direktur Perbaikan Darurat BNPB, Medi Herlianto, mengatakan, di pihaknya telah memberikan bantuan tersebut kepada desa yang memang sangat rentan terjadi kebakaran lahannya dan merupakan desa tangguh bencana

Alat Pemadam Kebakaran lahan bantuan China diberikan kepada dua desa di Kalteng.
Alat Pemadam Kebakaran lahan bantuan China diberikan kepada dua desa di Kalteng. (tribunkalteng.com/faturahman)

"Desa tangguh bencana itu adalah desa yang sudah punya perangkat organisasi dalam hal penanggulangan bencana, personil dan peralatan juga kelengkapan lainnya dalam penanggulangan bencana," ujarnya.

Peralatan yang diberikan berupa mesin pompa air dengan kekuatan semprot tinggi dan petalatan lainnya seperti slang air, dan alat pengebirnya sehingga saat melakulan pemadaman tidak terkendala ketersediaan air untuk pemadaman kebakaran lahan. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved