Berita Banjarbaru

Dilarang Belok di U Turn, Truk Tronton Alami Kecelakaan di Kawasan Landasan Ulin Banjarbaru

Pengemudi Truk Tronton ini berputar balik di U Turn yang dilarang di kawasan Jalan A Yani, Guntung Manggis Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

Dilarang Belok di U Turn, Truk Tronton Alami Kecelakaan di Kawasan Landasan Ulin Banjarbaru
Banjarbaru Rescue
Mobil menabrak tronton yang berbelok arah di lokasi yang dilarang berbelok. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pengemudi Truk Tronton ini berputar balik di U Turn yang dilarang di kawasan Jalan A Yani, Guntung Manggis Landasan Ulin, Kota Banjarbaru. Aksinya itu, menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Sopir berinisial SH (32) yang sesuai KTP berasal dari Bekasi ini harus berurusan dengan aparat berwajib karena telah melanggar aturan berlalu lintas dan menyebabkan kecelakaan.

Peristiwa yang terjadi pada Minggu, (21/7) malam ini mengakibatkan mobil Mitsubishi Xpander mengalami kerusakan parah.

Insiden ini memang tidak menyebabkan korban jiwa. Namun dari kerusakan yang diderita oleh mobil Mitsubishi Xpander, kerugian diperkirakan mencapai lebih dari 40 juta rupiah.

Baca: Forum Driver Online Kalsel Tak Puas Jawaban Manajemen Aplikasi Gojek dan Grab Terkait Ini

Baca: Kesal Disebut Tante oleh Fairuz Disebut Alasan Barbie Kumalasari Dalang Vlog Galih, Farhat Ungkap

Baca: Ramalan Zodiak Selasa 23 Juli 2019, Zodiak Hari Ini Sifat Aneh Gemini & Ancaman dari Rekan Libra

Mengingat kondisi mobil menghantam badan tronton saat posisi berbelok di lokasi yang dilarang untuk membelok.

Kejadian ini tidak hanya berdampak kepada dua unit kendaraan antara mobil tronton dan Xpander. Namun juga mengakibatkan kemacetan parah sempat terjadi di kedua lajur. Bahkan panjang kemacetan mencapai 3 kilometer.

Kasat Lantas Polres Banjarbaru, AKP Gustaf Adolf mengatakan kecelakaan itu disebabkan karena mobil tronton berbelok ditempat yang dilarang berbelok.

"Pengemudi tronton nekat melanggar rambu larangan berputar balik atau U Turn di TKP," katanya, Senin, (22/7).

Dijelaskannya bahwa Truk tronton ini melaju dari arah Banjarmasin ke Banjarbaru. Saat di TKP, pengemudi langsung berputar arah di U Turn yang bukan peruntukkannya.

Saat itu datang pengemudi Xpander yang searah dengan truk yang tidak menduga kalau truk tronton akan berbelok di U Turun yang tidak boleh berbelok.

"Mobil tronton yang panjang, sehingga tubrukan tak bisa terhindarkan lagi oleh pengemudi Xpander. Bagian depan hingga mencapai dashboard mobil jenis low MVP ini hancur berat," katanya.

Xpander menabrak bodi samping kanan truk tronton ini. Beruntung tidak ada korban jiwa nihil, namun kerugian materil dari pengemudi Xpander mencapai puluhan juta rupiah.

Dugaan sementara ada kelalaian pengemudi truk tronton. Sehingga pengemudi menjadi terduga tersangka atas kejadian yang merugikan pihak korban dan pengguna jalan lainnya.

"Pengemudi sudah kita amankan di Mapolres usai kejadian. Kita akan proses secara hukum yang berlaku karena yang bersangkutan lalai dalam mengemudikan kendaraannya," tegas Gustaf.

Atas kelalaiannya, SH dapat disangkakan melanggar pasal 310 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman kurungan maksimal enam bulan penjara atau denda maksimal Rp.1000.000. (banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved