Travel Regional

Festival Pulau Banyak 2019, Ada 12 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan

Festival Pulau Banyak 2019 yang berlangsung 23 hingga 27 Juli 2019 mendatang di Kabupaten Aceh Singkil, Nanggroe Aceh Darussalam

Festival Pulau Banyak 2019, Ada 12 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan
KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH
Peselancar menikmati ombak laut setinggi 5-6 meter di salah satu gugusan Pulau Banyak. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Festival Pulau Banyak 2019 yang berlangsung 23 hingga 27 Juli 2019 mendatang di Kabupaten Aceh Singkil, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) akan menyajikan 12 kegiatan menarik untuk wisatawan yang hadir.

Kegiatan tersebut antara lain pagelaran seni budaya, festival kuliner, fun surfing, fun walk, lomba foto, camping pulau, fam trip, pelatihan sumber daya desa wisata, pelatihan souvenir, pelatihan selam dan crossing ceremony.

Perlu diketahui, dengan keindahan bahari dan budaya, Pulau Banyak merupakan salah satu destinasi unggulan di Aceh Singkil.

Melihat potensi, Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Aceh Singkil, Surkani mengatakan, maka tak mengherankan bila pemerintah daerah membuat event tersebut untuk mengangkat pamor Pulau Banyak.

“Event ini sudah terselenggara untuk ketiga kalinya. Gelaran acara terus berkembang tiap tahun demi menarik kunjungan wisatawan baik lokal atau pun mancanegara,” ucap dia sesuai keterangan rilis yang Kompas.com terima, Senin (22/7/2019).

Baca: Menjaga Tetap Cantik dan Seksi Para Artis Hollywood yang Sudah Berusia Setengah Abad, Ini Rahasianya

Baca: Tanggapan Fairuz A Rafiq Saat Tangisnya Saat Laporkan Galih Diolok-olok Pablo Benua & Rey Utami

Baca: Alasan Maia Estianty Tak Suka Make Up Tebal Saat Istri Irwan Mussry Sudah Berusia 43 Tahun

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menambahkan, sejumlah kegiatan pra event telah dilakukan untuk menarik wisatawan.

Sebut saja pelatihan pemandu selam yang dilaksanakan di Pulau Panjang dan Pulau Balai. Lalu menyelenggarakan kompetisi Instagram untuk para milenial dengan menyediakan total hadiah Rp10 juta.

“Kami berharap Festival Pulau Banyak akan menjadi salah satu event tetap di Aceh. Ke depan, panitia bisa berinovasi dengan menyuguhkan aneka keunikan dan pesona budaya daerah, tak terkecuali pesona baharinya,” papar Rizki.

Di sisi lain, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menuturkan, Aceh merupakan daerah istimewa karena memiliki potensi sebagai destinasi halal unggulan.

Ini karena propinsi tersebut mengedepankan budaya dan nilai-nilai syariah, termasuk menyediakan produk makanan halal dan usaha pariwisata bersertifikat halal.

"Aceh memiliki banyak sekali objek wisata unggulan, salah satunya Pulau Banyak di Singkil. Dengan adanya festival tersebut, tentu akan menjadi kekuatan bagi Aceh untuk meramaikan pariwisata Indonesia,” jelas Menpar.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved