Berita Kalbar

Kapal Motor Angkut 25 Orang dari Madura Jawa Timur Karam di Ketapang, 2 Penumpang Hilang

Kapal Layar Motor (KLM) Arta Jaya yang membawa 25 penumpang di sekitar perairan Tanjung Sambar, Kabupaten Ketapang, Kabar dilaporkan tenggelam.

Kapal Motor Angkut 25 Orang dari Madura Jawa Timur Karam di Ketapang, 2 Penumpang Hilang
Banjarmasinpost.co.id/Jumadi
Ilustrasi - Speedboat milik Basarnas dan Satpolair Mabes Polri usai melakukan penyisiran korban tenggelam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kapal Layar Motor (KLM) Arta Jaya yang membawa 25 penumpang di sekitar perairan Tanjung Sambar, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat dilaporkan tenggelam di laut Jawa.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak Hery Marantika mengatakan, kapal yang berangkat dari Madura menuju Pontianak itu dilaporkan tenggelam pada Sabtu (20/7/2019) pukul 01.50 WIB.

"Kami pukul 23.25 WIB menurunkan tim penyelamat 1. Kemudian hari ini, Minggu sekitar pukul 07.00 WIB tadi pagi, juga menurunkan tim penyelamat 2. Karena jauhnya lokasi, tim 1 tiba di lokasi sekitar pukul 03.25 WIB, dan tim 2 tiba di lokasi sekitar pukul 16.00 WIB hari ini," katanya di Pontianak, Minggu (21/7/2019).

Tim yang meliputi aparat Basarnas, TNI Angkatan Laut, Kepolisian Perairan, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, dan agen kapal melakukan upaya pencarian secara paralel dengan area jangkauan 208 mil laut.

Baca: Nunung Srimulat Ditangkap, Anak Bungsunya Jadi Sasaran Bully Teman Sekolahnya, Keluarga Lakukan Ini

Baca: Bisnis Jual Beli Perhiasan, Jadi Trik Nunung Samarkan Transaksi Narkoba Agar Tak Terendus Polisi

Baca: Durhaka Pada Suami? Nunung Tak Peduli Maski Diminta Stop Pakai Sabu Oleh July Jan, Konsumsi 20 Tahun

"Track spacing satu NM menggunakan satu unit RIB Pos SAR Ketapang, dua unit kapal motor air nelayan dan satu unit Kapal KM Lintas 18 dibagi menjadi tiga sektor pencarian. Pencarian akan dilaksanakan dengan penyisiran di perairan Tanjung Sambar Kabupaten Ketapang dan cuaca saat cukup baik," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa 23 dari 25 penumpang kapal sudah berhasil diselamatkan, sisanya masih dalam pencarian.

Sementara itu, pencarian empat awak Tug Boat Mega 09 hingga hari keenam  belum membuahkan hasil. Dalam upaya untuk menemukan awak kapal itu, tim SAR sudah melakukan penyelaman di area tempat tenggelamnya kapal dan menyisir daerah sekitarnya.

(Editor : David Oliver Purba/KOMPAS)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapal Motor Angkut 25 Orang Karam di Ketapang, 2 Penumpang Hilang", https://regional.kompas.com/read/2019/07/21/23525351/kapal-motor-angkut-25-orang-karam-di-ketapang-2-penumpang-hilang.

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved