Berita HSS

Peringati HUT Adiyaksa ke-59, Pemkab HSS Serahkan Tanah Hibah ke Kejari untuk Rumah Dinas

Pemkab HSS memberikan “kado” kepada Kejari berupa dokumen serah terima hibah tanah dan bangunan untuk rumah dinas.

Peringati HUT Adiyaksa ke-59, Pemkab HSS Serahkan Tanah Hibah ke Kejari untuk Rumah Dinas
Banjarmasinpost.co.id/hanani
Kepala Kejaksaan Negeri HSS Sugeng Riadi menerima dokumen hibah tanah Pemkab HSS untuk Kejari HSS, Senin (22/7/2019). Penyerahan diwakili Wabup HSS Syamsuri Arsyad saat syukuran HUT Adiyaksa ke 59 di Kantor Kejari HSS. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN- Kejaksaan Negeri  (Kejari) Hulu Sungai Selatan melaksanakan syukuran Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 sekaligus Syukuran Adhyaksa Dharmakarini ke-19 HSS, Senin (22/7/2019) di  Lantai II Kantor Kejari HSS.

Pada syukuran tersebut, Pemkab HSS memberikan “kado” kepada Kejari berupa dokumen serah terima hibah tanah dan bangunan untuk rumah dinas.  Dokumen surat tanah diserahkan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad kepada Kepala Kejari HSS Sugeng Riadi.

 Wabup HSS, Syamsuri  Arsyad menjelaskan, tanah dan bangunan di jalan anggrek selama ini berstatus milik Pemkab HSS, yang dipinjam pakaikan untuk rumah dinas pihak kejaksaan.

Dengan pertimbangan dana pemeliharaan daerah terbatas, akhirnya disepakati bersama DPRD HSS untuk dihibahkan ke Kejari HSS,selanjutnya dimanfaatkan pihak kejaksaan dalam rangka tugas di HSS.

Baca: Terbongkar Raffi Ahmad Pernah Dekati Luna Maya Sembunyikan Mikha Tambayong, Denny Cagur Jadi Saksi

Baca: Jembatan Vital Pasarlama Goyang, Begini Penjelasan PUPR Banjar

Baca: Satsabhara Polres Balangan Simulasikan Hadapi Aksi Demo di PN Paringin

Baca: Pakai Sabu Setiap Hari, Nunung Hanya Bisa Menangis Minta Maaf Hingga Sebut Janji pada Iyan Sambiran

 Terkait HUT Adiyaksa ke 59, Wabup menyatakan selama ini keberadaan Kejaksaan HSS sangat membantu Pemkab HSS terutama dalam kerjasama TP4D.

“Untuk menghindari kesalahan dalam kebijakan yang berisiko atau berdampak hukum, kami banyak mendapat bantuan dan pandangan aspek hukum oleh TP4D. Termasuk masalah tukar guling lahan TPA di Malutu dengan PT AGM, dengan lokasi baru TPA yang sedang dibangun. Ini sangat membantu kami dalam mencegah kesalahan dalam mengambil keputusan,”kata Syamsuri.

 Soal hibah lahan dari Pemkab HSS, Kajari HSS,  Sugeng Riadi menambahkan, hibah tanah dan bangunan dari Pemkab HSS dimanfaatkan untuk rumah dinas. Prosesnya sendiri, jelas Sugeng cukup panjang, hingga mendapat  persetujuan DPD.

“Setelah dihibahkan, status lahan sama-sama milik pemerintah, Cuma beralih ke pemerintah pusat. Selama ini statusnya pinjam pakai ke pemerintah daerah  sehingga biaya pemeliharaan menjadi beban daerah. Pasca hibah, berpindah ke pemerintah pusat,”jelas Kajari.

 Mengenai luas lahan, Sugeng menyatakan tak hapal, namun nilainya sekitar Rp 600 juta. Sementara itu, di usia ke-59 Adiyaksa, menurut Kajari HSS, selama ini kasus menonjol di Bumi Antaludin terjadi pergeseran dari senjata tajam ke kasus Narkoba yang makin meningkat.

“Dulu dominan kasus senjata tajam, sekarang narkoba, seperti telah diekspose kepolisian saat hari Bahayangkara,”kata Sugeng.

 Puncak syukuran HUT Adiyaksa ke 59 di Kejari HSS dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh Kajari. Potongan pertama diserahkan ke staf Kejaksaan  tertua dan termuda.

Hadir pada sukuran tersebut Ketua  DPRD HSS  HAkhmad Fahmi, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS  KH M Ridwan Baseri, Kepala SKPD terkait, perwakilan BUMN, BUMD, Instansi Vertikal, para pengusaha di HSS dan serta perwakilan perusahaan swasta di HSS.

Baca: Benang Bintik Carnival Show 2019 Diikuti 256 Peserta, Tampilkan Hasil Karya Khas Masyarakat Kapuas

Baca: NEWSVIDEO : Kejari Banjarbaru Tingkatkan Status Kasus Dana Hibah KONI Banjarbaru ke Penyidikan

Baca: Kata-kata Pedas Maia Estianty Kerap Dikaitkan dengan Mulan dan Ahmad Dhani, Ibu Dul Beri Balasan

 Sebelumnya, dilaksanakan upacara di halaman Kantor Kejari HSS dilanjutkan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti Banua, Desa Mandapai Kecamatan Padang Batung. 

Kajari mengatakan jajaran Kejaksaan terus  mematangkan diri untuk melakukan upaya penegakan hukum. “Momen syukuran ini diharapkan dapat mewujudkan keserasian dan keselarasan di lingkungan Kejaksaan Negeri HSS”, ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)  

 
 

Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved