Berita Banjarmasin

Jelang Hari Raya Idul Adha, Pengusaha Hewan Kurban Siapkan Ratusan Kambing

Abdul Rahman mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan 100 ekor kambing yang didatangkan dari Pulau Madura, Jawa Timur.

Jelang Hari Raya Idul Adha, Pengusaha Hewan Kurban Siapkan Ratusan Kambing
Banjarmasinpost.co.id/Kaspul Anwar
Menjelang Idul Adha 1440 H pengusaha hewan kurban siapkan ratusan kambing 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kurang dari sebulan perayaan Hari Idul Adha 1440 H, sejumlah pengusaha hewan qurban di Banjarmasin mulai menyiapkan stok-stok kambing yang dibutuhkan masyarakat.

Seperti penjual hewan qurban Al-Aqso di Jalan Antasan Kecil Barat Banjarmasin, Abdul Rahman mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan 100 ekor kambing yang didatangkan dari Pulau Madura, Jawa Timur.

"Daya beli masyarakat mulai ramai sekitar H-10 sebelum Hari Raya Idul Adha, sekarang masih normal bukan untuk keperluan Idul Adha, tapi untuk acara-acara," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (23/7/2019).

Demi memelihara asupan kambing, Abdul Rahman seiap hari memberi makan berupa rumput sebanyak 1-2 mobil pick up.

Harga kambing yang dijualnya dibanderol kisaran mulai Rp 1,9 juta hingga Rp 2 juta ke atas. Tersedia berbagai jenis kambing seperti kacang dan etawa, untuk kambing jantan umumnya lebih mahal sebab kulaitas dan modal harga beli sudah tinggi dari pihak peternak.

Baca: Begini Suasana Rumah Duka Korban Tanah Longsor Pendulangan Intan Pumpung

Baca: Xpressair Mendarat di Bandara Syamsudin Noor, Rute Jogjakarta-Banjarmasin Mulai Beroperasi

Baca: NEWSVIDEO : Satpol PP Banjarbaru Amankan Puluhan Botol Miras dan Ratusan Liter Tuak

Baca: Meski Sudah Ditempati, Rumah Nelayan di Desa Oka-oka Belum Diserahkan ke Pemkab Kotabaru

Meskipun belum ada peningkatan, Abdul Rahman mengklaim selalu ada pembeli setiap hari untuk acara-acara aqiqah, tasmiyah, maupun acara perkawinan.

"Untuk kambing yang dimasak untuk keperluan acara bisa mencapai Rp 2,5 juta per ekor. Kurang lebih bisa untuk 150 porsi," paparnya.

Dia mengungkapkan, harga kambing mendekati hari H akan mengalami kenaikan harga namun tidak signifikan. Selain di area Banjarmasin dan sekitarnya, Al-Aqso juga mensuplai hewan kambing untuk Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Sementara itu, pengusaha hewan qurban lainnya, Anugerah Kambing pernah menjual lebih dari 200 ekor saat suasana Hari Raya Idul Adha.

"Tahun lalu omzet naik mencapai 70-80 persen dari hari biasa. Untuk tahun ini, masih belum tahu seperti apa tampaknya sepi dari tahun lalu. Umumnya saat-saat seperti sekarang sudah banyak yang beli, namun tahun ini masih normal belum ada lonjakan," terang Owner Anugerah Kambing, Abdul Gawi.

Di hari-hari biasa umumnya orderan kambing selalu masuk setiap hati dan dikirim pada akhir pekan, untuk acara seperti aqiqah, tasmiyah, dan pernikahan.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Trans7 MotoGP Ceko 2019 - Valentino Rossi Tak Masuk 3 Besar, Marquez Dominan

Baca: Lubang Pendulangan Pumpung Cempaka Longsor, Seorang Pendulang Tewas Tertimbun

Baca: Warga Kelayan Ditebas dengan Mandau, Tangan Kanan Yulianor Luka Menganga

Untuk varian daging kambing masak, tersedia menu sate, gulai, kare, dan kambing guling, tambahan harganya mulai dari Rp 500.000 per ekor untuk rata-rata 150 porsi tergantung jenis kambing.

Kambing-kambing yang didatangkan dari Jawa Timur tersebut dibanderol dengan harga yang berbeda-beda tergantung jenis. Mulai dari Rp 1,75 juta hingga Rp 2,5 juta.

Setiap hari, Abdul Gawi menghabiskan Rp 60.000 untuk pakan kambing berupa tiga karung rumput segar. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved