Berita Banjarbaru

Kunjungan Kerja ke Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Komisi IX DPR RI Tekankan ini

Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan Kunjungan Kerja ke asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, pada Senin (22/07/19) kemarin.

Kunjungan Kerja ke Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Komisi IX DPR RI Tekankan ini
banjarmasinpost.co.id/huda
pemberangkatan Jemaah Haji Keloter pertama asal Kalsel di embarkasi Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU – Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan Kunjungan Kerja ke asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, pada Senin (22/07/19) kemarin.

Ketua tim Kunker Komisi IX DPR RI Dra. Hj Ermalina, MHS menyampaikan Kunker tersebut dimaksudkan untuk mengevaluasi layanan kesehatan bagi Jemaah Calon Haji (JCH) selama di embarkasi dan memastikan mendapatkan pelayan kesehatan yang terbaik.

Menurut Ermalina, JCH harus mendapatkan bimbingan kesehatan menghadapi cuaca di Arab Saudi yang mencapai suhu 50 derajat celcius dan jauh berbeda dengan di Tanah Air yang beriklim tropis dengan suhu berkisar 32-33 derajat celcius.

“Jemaah harus diberikan bimbingan sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan ketika tiba di Arab Saudi,” katanya.

Baca: Keganjilan Cara Syahrini Agar Terlihat Cantik Diungkap Peramal, Istri Reino Barack Disebut Tak Alami

Baca: Ucapan Inspirasi Donna Agnesia di Hari Anak Nasional Untuk Putra Putri Indonesia

Baca: Ketika Sama-sama Marah, Beda Ashanty & Krisdayanti Menurut Aurel, Putri Anang Hermansyah Ungkap Ini

Baca: Pengakuan Nunung : Sejak Dirinya Pakai Narkoba Sikap Suami Berubah, Tak Mau Sekasur dan Bilang Ini

Petugas haji, katanya, harus senantiasa mengimbau jemaah agar menjaga kesehatan dengan mengurangi aktivitas yang biasa membuat tenaga mereka habis.

“Imbauan seperti harus banyak minum, jangan takut kencing, pakai pelindung ketika keluar harus terus disampaikan,” pesannya.

Pesan-pesan tersebut menurutnya sederhana tapi memang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jemaah, apalagi menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji yang menjadi inti ibadah haji.

“Sederhana memang tapi itulah yang harus dilakukan,” tukasnya.

Sementara Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel H. Noor Fahmi, Selasa (23/7/2019) meyampaikan JCH se Kalsel yang sudah dan akan diberangkatkan tahun ini berjumlah 4.136.

“Sebenarnya JCH Kalsel yang berhak melunasi 4.155 orang namun hingga pelunasan tahap ke empat masih ada 19 JCH yang tidak melunasi dan kuota tersebut kita kembalikan ke pusat,” katanya kepada tim komisi IX yang melakukan peninjauan langsung area asrama haji Embarkasi Banjarmasin.

Fahmi juga menyampaikan perkembangan layanan bagi JCH selama di asrama haji yang mengalami beberapa perubahan dari tahun sebelumnya, khususnya perekaman biometrik yang dilakukan sebelum masa pemberangkatan.

“Proses perekaman biometrik tahun sebelumnya dilakukan dimasa pemberangkatan dan biasa memakan waktu hingga 4 jam, kini dilakukan lebih awal dan semasa keberangkatan waktu tersebut bisa dialihkan untuk kegiatan lain,” terangnya.

Selama Kunker, tim komisi IX meninjau tempat-tempat pelayanan JCH selama di asrama haji seperti Poliklinik, ruang makan hingga kamar bagi JCH.

(banjarmasinpost.co.id /lis).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved