Berita Banjarbaru

Standby di Syamsudin Noor, Dua Heli Water Boombing Siap Padamkan Karhutla di Kalsel

Dua heli Water Boombing sudah stanby di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru untuk menanggulangi Karhutla di Kalsel

Standby di Syamsudin Noor, Dua Heli Water Boombing Siap Padamkan Karhutla di Kalsel
Dari Pusdalops BPBD untuk BPost
Dua heli Water Boombing sudah stanby di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru untuk menanggulangi karhutla di Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Dua heli Water Boombing sudah stanby di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru.

Dua heli ini disiagakan untuk penanganan Kebakaran hutan dan lahan dari Satgas Udara yang di stanby kan jika mana Satgas Darat tidak bisa menjangkau titik api karena jalur dan medan yang sulit.

Kepala Badan Pelaksana BPBD Kalsel, Wahyuddin Noor, Selasa (23/7/2019) menjelaskan heli Water Boombing sementara ada dua.

"Heli yang pertama dari perusahaan AVIAN Nusa Dirganatara dan akan menyusul satu buah lagi dari PT. Rajawali Pratama Internasional, Rabu besok. Jadi dua per besok (hari ini: Red)," kata Wahyuddin.

Baca: Diseruduk Mobil Tetangga, Tiang Teras Rumah Ahmad Diganti Bambu

Baca: Link Live Streaming Real Madrid vs Arsenal di Mola TV, ICC 2019 Rabu (24/7) Pagi, Drama Gareth Bale

Baca: Bawa Sajam Dalam Jok Motor, M Syarkawi Masuk Bui

Baca: Terjaring Razia Gabungan, 18 Pengendara di HSU Langsung Jalani Sidang di Tempat

Dikatakan dia, Heli berjenis MI-8 dan Kamov KA 32T siap terbang selama 3,5 dan 4 jam sekali terbang. Heli berfungsi untuk memadamkan hotspot yang tidak terjangkau oleh tim Satgas darat BPBD Kalsel.

“Heli akan bekerja sesuai komando dari Kalak BPBD, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan dan Kabid OP BPBD Kalsel,” ujarnya.

Sejauh ini menurut laporan pihaknya dari Satgas darat, sempat ada kawasan di Kabupaten Banjar yang sulit di jangkau.

"Tapi bukan hari ini. Ada laporan kemarin di Kabupaten Banjar yang sulit. Karena itu jika mana ada laporan kebakaran yang sulit dijangkau maka diperintahkan untuk bertindak," kata Wahyuddin.

Disibggung untuk heli patroli masih belum. "Yang patroli masih Belum. Ini langsung Boombing yang sudah merapat," kata dia.

Semantara, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Sahruddin menambahkan heli diupayakan akan terbang tiap hari dengan durasi 7 jam setiap hari.

Baca: NEWSVIDEO : Mendarat di Syamsudin Noor, Xpressair Rute Yogyakarta-Banjarmasin Mulai Beroperasi

Baca: KPU Tetapkan Calon Terpilih Anggota DPRD HSU Pemilu 2019, Golkar Raih Kursi Terbanyak

Baca: Jelang Hari Raya Idul Adha, Pengusaha Hewan Kurban Siapkan Ratusan Kambing

“Semua heli tidak boleh diam, tapi terus bergerak sesuai dengan keinginan paman Birin,” ujarnya.

Setiap hari kerja Satgas udara dengan tim Heli akan melakukan briefing di BPBD Kalsel untuk mengkoordinasikan dan planing booming perhari.

“Sementara untuk hari libur rapat harian dilakukan di Lanud Syamsuddin Noor,” tambahnya lagi. (banjarmasinpost.co.id /nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved