Berita Tanahlaut

2020, Dana Desa di Tanahlaut Bakal Bertambah, Pemkab Anggarkan Total Rp 127 M untuk Seluruh Desa

Tahun 2020 mendatang, kepala desa di Kabupaten Tanahlau bakal mendapatkan dana lebih untuk anggaran dana desa.

2020, Dana Desa di Tanahlaut Bakal Bertambah, Pemkab Anggarkan Total Rp 127 M untuk Seluruh Desa
banjarmasin post group/ isti rohayanti
Bupati Tanahlaut, Sukamta saat diwawancara awak media di Pelaihari, Tanahlaut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Tahun 2020 mendatang, kepala desa di Kabupaten Tanahlau bakal mendapatkan alokasi dana lebih untuk anggaran dana desa.  Hal itu karena adanya kenaikan angka anggaran yang diajukan oleh Bupati Tanahlaut, Sumamta untuk pembangunan.

Kepada Banjarnmasinpost.co.id, Sukamta menerangkan ada 15 persen dari Dana ADD yang diambil untuk anggaran dana desa.  Sehingga dari yang sebelumnya hanya Rp 85 miliar. Kini mencapai Rp 127 miliar.

"Uangnya sudah ditransfer dan akan dibagikan pada 2020 mendatang," ucap Sukamta.

Jelasnya tentu ada nilai yang berbeda nantinya setelah dibagikan ke desa-desa. Jumlah tersebut ujar Sukanya akan diserahkan sesuai kebutuhan desa. Serta ada standar untuk perhitungan dana tersebut.

Sukamta mengatakan, pembagian dana desa bakal sesuai dengan bagaimana kondisi wilayah. Baik itu tingkat kemiskinan, jumlah penduduk, serta letak geografis.

Baca: Layak Untuk Anak, Balangan Dapatkan Penghargaan KLA Pratama

Baca: Kepala Disporbudpar Batola Gembira Usulan Rp15 Miliar Pembangunan GOR Disetujui Kemenpora

Baca: Kamiluddin Berharap Tak Dipangkas, Bawaslu Tanbu Usulkan Anggaran Pilkada ke Pemkab Rp 13 Miliar

Dari penggunaan dana desa tersebut, Sukamta berharap semua desa dapat berkembang. Ucapnya, jangan sampai ada desa yang tidak maju. Apalagi angka yang diberikan untuk dana desa sudah luar biasa.

"Saya ingin di desa cepat maju dan kepentingan masyarakat bisa segera dipenuhi oleh desa. Baik itu perlu air bersih, embung dan usaha ekonomi.  Termasuk ternak itik, silakan di atur dan anggarkan sesuai aturan karena duitnya cukup banyak," ucap Sukamta.

Ia pun berharap adanya ke transparan akan anggaran dana desa tersebut. Sehingga pemerintah desa memasang baliho atau spanduk informasi rincian dana desa yakni berisi anggaran dan peruntukannya.

Apalagi pada November mendatang ujarnya ada 52 desa yang bakal memiliki Kepala Desa yang baru. Sehingga sebelum dana desa diserahkan, mereka pun terlebih dahulu bakal pelatihan mengenai managemen dana desa dan tata pemerintahan.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti) 

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved