Berita Kabupaten Banjar

Masuk Musim Kemarau, Banjar Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

Kesiapsiagaan kebencanaan, Bupati Banjar, H Khalilurrahman menjadi inspektur Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) Tingkat Kabupaten Banjar,

Masuk Musim Kemarau, Banjar Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana
Kominfo banjar
Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) Tingkat Kabupaten Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Kesiapsiagaan kebencanaan, Bupati Banjar, H Khalilurrahman menjadi inspektur Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) Tingkat Kabupaten Banjar, di halaman Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPD) Kabupaten Banjar Banjar, Rabu (24/7).

Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengatakan, seperti yang diketahui bersama bahwa wilayah Kabupaten Banjar merupakan daerah yang mempunyai tingkat kerawanan yang tinggi terhadap bencana.

Oleh sebab itu, semua harus lebih meningkatkan lagi kewaspadaan, serta harus terus berupaya melakukan pencegahan terhadap potensi yang mungkin akan terjadi.

Penanggulangan bencana seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan Peraturan Daerah Kabupaten Banjar No 18 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, bukan menjadi wewenang pemerintah saja akan tetapi juga menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

“Kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) yang hampir setiap tahun terjadi di wilayah kita, seringkali menimbulkan bencana asap yang berdampak buruk bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat Kabupaten Banjar, terutama berdampak buruk bagi kesehatan seperti ISPA, terganggunya aktivitas lalu–lintas darat, air maupun udara,” katanya.

Kesiagaan bersama dalam menghadapi bencana ini sangat diperlukan bagaimana cara atau langkah-langkah antisipatif dalam rangka kegiatan penanggulangan bencana pada tahap pra bencana baik itu mitigasi maupun kesiapsiagaan.

Baca: Foto Nadine Kaiser & Gading Marten Bersebelahan Diunggah, Eks Mertua Gisella Anastasia Ingatkan Ini

Baca: Trauma Vanessa Angel Terima Job di Surabaya Terungkap, Masih Ingat Kasus Prostitusi Online Artis?

Baca: Tangis Sule Saat Diusir Dari Rumah Naomi Zaskia Terungkap, Ayah Rizky Febian Resmi Pacaran

Rakor Karhutla yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2019, ada beberapa hal yang telah dihasilkan.

Informasi dari BMKG menyebutkan bahwa wilayah Kabupaten Banjar telah memasuki musim kemarau sejak awal juli 2019, dan puncak musim kemarau diprediksikan pada bulan Agustus sampai dengan September 2019.

Beberapa indikator telah terdeteksi di lapangan sepeti hotspot, lahan yang terbakar dan asap serta beberapa daerah mulai kesulitan air bersih. Sehingga, hal-hal tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk penetapan status siaga darurat bencana karhutla dan krisis air bersih di wilayah Kabupaten Banjar.

Dia juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjar juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui masjid-masjid, musala, spanduk, pamflet dan media lainnya agar masyarakat tidak membakar hutan dan lahan, mendirikan posko di daerah rawan bencana, melakukan patroli dan menghimbau kepada masyarakat agar memberitahu atau melaporkan kepada petugas posko terdekat apabila terjadi kebakaran hutan atau lahan.

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved