Berita Banjarbaru

Soal Dana Hibah KONI, Disporabudpar Banjarbaru Siap Kooperatif bila Dipanggil Kejari

Terkait dana hibah KONI Banjarbaru ini, dirinya juga menegaskan keterkaitan dinasnya hanya pada memberikan rekomendasi pada proses hibah.

banjarmasin post group/ aprianto
Kadisporabudpar Banjarbaru Hidayaturrahman 

BANJARMASIN POST.CO ID, BANJARBARU - Kasus dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banjarbaru yang ditelisik oleh Kejari Banjarbaru masih belum ada kejelasannya terkait apa dan siapa yang bakal tersandung.

Dugaan korupsi dana hibah KONI Banjarbaru TA 2018 berkisar Rp 6,7 Miliar masih menyisakan tanda tanya besar bagi semua pihak, termasuk Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Banjarbaru yang dalam hal ini merupakan dinas teknis soal dana hibah.

Kepala Disporabudpar Banjarbaru Hidayaturrahman mengatakan sejauh yang pihaknya ketahui untuk bonus atlet sudah dibagikan secara langsung kepada para atlet peraih medali saat Porprov 2017 di Tabalong.

Untuk dana pembinaan oleh KONI Banjarbaru juga sudah diserahkan ke cabang olahraga yang ada di Banjarbaru.

Terkait dana hibah KONI Banjarbaru ini, dirinya juga menegaskan keterkaitan dinasnya hanya pada memberikan rekomendasi pada proses hibah.

Baca: Kepala Disdik Batola : Bupati Setuju Rp3 Miliar Dana Makan Minum 3.000 Guru SDN dan SMP di Batola

Dijelaskannya bahwa dana hibah KONI Banjarbaru, awalnya KONI membuat permohonan yang disampaikan kepada Wali Kota melalui Tim TPAD (Tim Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah).

"TPAD lalu memproses dan meminta rekomendasi kepada Kami. Selanjutnya kami pelajari dan kami berikan rekomendasi itu. Hasil rekomendasi kami serahkan kembali ke TPAD, hanya disitu keterlibatan kami," katanya, Rabu, (24/7).

Untuk keputusan terakhir terkait permohonan dana hibah KONI Banjarbaru ini berada di Tim TPAD Banjarbaru.

"Setelah kami berikan rekomendasi, pengelolaan penggunaan Dana Hibah ini semuanya kewenangan KONI. Kami tidak ikut mencampuri pencairan dari KONI ke cabor. Baik itu dana pembinaan maupun dana Bonus atlet yang berprestasi," tegasnya.

Saat disinggung soal Surat Pertanggung Jawaban (SPJ), penggunaan Dana Hibah KONI ini. Dia menerangkan, KONI memberikan SPJ langsung ke TPAD dan tidak ke Disporabudpar Banjarbaru.

Halaman
123
Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved