Otomotif

Ini Bocoran Insentif yang Diberikan Pemerintah dan Detail Regulasi Kendaraan Listrik di Indonesia

Pengaturan fiskal di dalamnya akan mengatur soal tarif PPnBMyang berdasarkan emisi gas buang, dan penggunaan bahan bakar.

Ini Bocoran Insentif yang Diberikan Pemerintah dan Detail Regulasi Kendaraan Listrik di Indonesia
GridOto.com
Motor listrik Gesits di gelaran IIMS 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Proyek motor listrik di tanah air belum juga ada perkembangan dalam beberapa tahun terakhir. 

Isu soal peraturan kendaraan listrik di Indonesia sebenarnya sudah bergema sejak akhir tahun lalu, tetapi sampai sekarang realisasinya belum juga terlaksana.

Yang terbaru, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani, memberikan sedikit bocoran soal insentif yang akan diberikan pemerintah di dalam regulasi kendaraan listrik.

Informasi ini, diberikan Sri Mulyani saat dirinya ditunjuk sebagai salah satu pembicara pada seminar 'Indonesia Automotive Industry Readiness Towards Industry 4.0' yang dilangsungkan di GIIAS 2019.

Ia mengatakan, secara garis besar akan ada dua peraturan terkait mobil listrik, yang segera disahkan oleh Presiden Joko Widodo, berikut sedikit penjelasannya.

Rancangan Peraturan Pemerintah soal PPnBM

Pertama, adalah Rancangan Peraturan Pemerintah soal PPnBM, yang berlandaskan UU PPN dan PPnBM, serta PP nomor 41 tahun 2013.

Dalam RPP ini, di dalamnya mencakup aturan soal kendaraan konvensional, KBH2, Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, Flexy Engine, Fuell Cell EV, serta Electrical Vehicle.

Baca: Lima Debt Collector Ditangkap, Rampas Daihatsu Sigra Kredit Nunggak dari Konsumen

Pengaturan fiskal di dalamnya akan mengatur soal tarif PPnBMyang berdasarkan emisi gas buang, dan penggunaan bahan bakar.

"Kita selama ini ada diskriminasi dengan bentuk MPV dengan sedan. Sama-sama roda empat, tapi kalau sedan itu dianggapnya mewah. Ke depan mesti direvisi tidak lagi menyangkut bentuk,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di GIIAS, Tangerang, Rabu (24/7).

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Motor Plus
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved