Kisah Makam di Pusat Perbelanjaan

Siapakan Habib Husien? Ternyata Keturunan Ulama dari Hadral Maut dan Wafat Diusia Muda

Siapa sebenarnya Habib Husien yang bermakam di tengah pusat perbelanjaan Pasar Los Batu Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan?

Siapakan Habib Husien? Ternyata Keturunan Ulama dari Hadral Maut dan Wafat Diusia Muda
banjarmasinpost.co.id/hanani
Makam Al Habib Husien Bin Ali Assegaf bin Idrus Assegaf yang letaknya di Pasar Los Batu Kandangan, tepatnya di tengah pertokoan. Makan tersebut tiap hari diziarahi pengunjung dari Kandangan maupun luar daerah yang sekaligus hendak berbelanja ke Pasar Kandangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Siapa sebenarnya Habib Husien yang bermakam di tengah pusat perbelanjaan Pasar Los Batu Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan?

Tak banyak literatur yang mengungkap profil sang Habib. Meskipun dia punya andil dalam menyebar Agama Islam di HSS melalui dakwah kelilingnya melalui berdagang.

Sekilas cerita tentang hal tersebut, diperoleh banjarmasinpost.co.id dari juriat keturunannya, yaitu Habib Aziz, yang secara juriat adalah cucu dari Habib Husien Assegaf bin Ali Assegaf.

Menurut Aziz, Habib Husien adalah cucu dari Idrus Assegaf dari negeri Hadral Maut yang datang ke Kalimantan dengan misi berdakwah menyebarkan Islam di Kalsel, jauh sebelum Belanda masuk untuk menjajah Indonesia.

Baca: Unik, Sebelum Belanja, Pengunjung Pasar Los Batu Kandangan HSS Ini Ziarah Dulu

Baca: Video Syahrini Sembunyikan Perut Perkuat Isu Istri Reino Barack Hamil Setelah Bulan Madu

Baca: Nasib Wanita Thailand Selingkuhan Pablo Benua, Setelah Melahirkan Ditinggal Pablo Menikahi Rey Utami

Tugas dakwah selanjutnya dilakukan anaknya, Ali bin Idrus Assegaf yang kemudian tinggal di Kandangan, dan berdakwah di wilayah HSS.

Kemudian menikah dengan warga HSS, hingga melahirkan putra bernama Husien bin Ali Assegaf. Misi dakwah selanjutnya diemban Husien, setelah mendapat ilmu agama dari ayah dan kakeknya.

“Namun, Habib Husien meninggal dunia pada usia masih terbilang muda, yaitu 30 tahun. Akhirnya dimakamkan di kawasan masjid. Dulunya sebelum dibangun pasar, lokasi makam habib Husien itu kawasan masjid yang dibangun ayahnya Habib Ali. Jadi di belakang makan itu dulunya masjid,”ungkap Aziz.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved