Kisah Makam di Pusat Perbelanjaan

Unik, Sebelum Belanja, Pengunjung Pasar Los Batu Kandangan HSS Ini Ziarah Dulu

Ada yang menarik di Pasar Los Batu Kandangan, yang merupakan pusat perbelanjaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Unik, Sebelum Belanja, Pengunjung Pasar Los Batu Kandangan HSS Ini Ziarah Dulu
banjarmasinpost.co.id/hanani
Makam Al Habib Husien Bin Ali Assegaf bin Idrus Assegaf yang letaknya di Pasar Los Batu Kandangan, tepatnya di tengah pertokoan. Makan tersebut tiap hari diziarahi pengunjung dari Kandangan maupun luar daerah yang sekaligus hendak berbelanja ke Pasar Kandangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Ada yang menarik di Pasar Los Batu Kandangan, yang merupakan pusat perbelanjaan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Di tengah pertokoan di dalam pasar tersebut, terdapat sebuah makam.

Orang yang berkubur di makam berpagar besi putih tersebut berdasarkan keterangan pada spanduk di sekitar batu nisannya bernama Habib Husien Nin Ali Assegaf.

Berdasarkan keterangan di spanduk itu pula diketahui Al Habib Husien wafat pada tahun 1893 Masehi. Sedangkan Pasar Los Batu Kandangan baru dibangun 1938 masehi.

Empat puluh lima tahun sebelum dibangun Pasar Los Batu. Orangtuanya Habib Husin, yaitu Habib Ali Bin Idrus Assegaf bermakam di Alawiyyah Ashhab Turbah Anak Mas, Jalan HM Rusli atau Jalan Merdeka Kandangan.

Baca: Nasib Wanita Thailand Selingkuhan Pablo Benua, Setelah Melahirkan Ditinggal Pablo Menikahi Rey Utami

Baca: LIVE TVRI! Link Live Streaming Japan Open 2019, Marcus/Kevin Main Tidak Disiarkan Langsung

Baca: BERLANGSUNG! Link Live Streaming Liverpool vs Sporting Lisbon Ujicoba Pramusim 2019 di Mola TV

Bagi warga luar daerah yang pertama kali berkunjung ke Kandangan, merasa tak lazim ada makan di tengah pasar. Apalagi, di sekiling pasar tersebut ada pertokoan dan dipadati pedagang kaki lima, yang menjual aneka barang.

Mulai buah dan aneka makanan, hingga barang pakaian dan mainan anak. Namun, bagi warga Hulu Sungai Selatan sendiri, sudah terbiasa. Bahkan membawa berkah tersendiri.

“Justru karena ada makan habib ini, pengujungnya selalu ramai. Ada yang niatnya ziarah dan meletakkan rangkaian bunga di atas pusara. Setelah itu sekalian jalan-jalan ke pasar Kandangan dan berbelanja berbagai kebutuhan,”ungkap salah satu pemilik toko pakain yang tokonya berseberangan dengan makan habib Husien.
(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved