Berita Banjarmasin

RSGM Gusti Hasan Aman Sanggah Rekomendasi Kemenkes Soal Penurunan Kelas Rumah Sakit

Setelah melakukan review terhadap data Rumah Sakit (RS) di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) rekomendasikan ratusan RS di Indonesia

RSGM Gusti Hasan Aman Sanggah Rekomendasi Kemenkes Soal Penurunan Kelas Rumah Sakit
banjarmasinpost.co.id/acm
-drg Sapta Rianta Hutasoit Sport, Direktur RSGM Gusti Hasan Aman 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah melakukan review terhadap data Rumah Sakit (RS) di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) rekomendasikan ratusan RS di Indonesia untuk diturunkan kelasnya termasuk beberapa RS di Kalimantan Selatan (Kalsel).

RS Gigi dan Mulut (RSGM) Gusti Hasan Aman milik Pemerintah Provinsi Kalsel termasuk dalam daftar tersebut yang saat ini berkelas B direkomendasikan turun ke kelas C.

Terkait hal ini, Direktur RSGM Hasan Aman, drg Sapta Rianta Hutasoit SpOrt nyatakan pihaknya akan melakukan penyanggahan atas rekomendasi tersebut dan secepatnya sampaikan sanggahan ke Kemenkes.

Dijelaskan drg Sapta, dasar rekomendasi penurunan kelas terhadap RSGM Gusti Hasan Aman disebabkan adanya indikasi kekurangan jumlah sumber daya manusia (SDM) untuk pertahankan kelas B.

Baca: Obrolan Fairuz - Sonny & Hotman Paris Tentang Rey Utami, Celetuk Melaney Ricardo: Pasti Hancur

Baca: Luna Maya Mendadak Risih Karena Faisal Nasimuddin, Eks Ariel Noah Minta Sang Pengusaha Serius

Baca: Setelah Bertemu Salmafina, Sunan Kalijaga Sebut Teman-Teman Mantan Istri Taqy Malik, Beri Peringatan

Baca: Peringatan Mbah Mijan untuk Kriss Hatta yang Ditahan Karena Kasus Penganiayaan Antony Hillenaar

Namun menurutnya, secara riil tidak ada kekurangan jumlah SDM untuk pertahankan kelas B di RSGM Gusti Hasan Aman, melainkan adanya kesalahan input yang dilakukan oleh Staf RSGM Gusti Hasan Aman dalam mengisi data laporan secara online pada Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS).

"Setelah rapat Internal kami periksa dan didalami di internal ada kelalaian atau salah persepsi staf kami input data pada SIRS online. Yang diisi hanya SDM berstatus PNS, padahal kita ada tenaga kontrak dan MoU. Jadi sebenarnya tidak ada masalah," kata drg Sapta.

Akibat kesalahan tersebut diperkirakannya Kemenkes menilai adanya kekurangan tenaga SDM sehingga rekomendasikan penurunan kelas di RSGM Gusti Hasan Aman.

"Ini kan masih review, jadi masih ada kesempatan sampaikan sanggahan. Untuk koreksi data di SIRS sudah seratus persen kami betulkan," kata drg Sapta.

drg Sapta berharap Kemenkes bisa menerima sanggahan yang disampaikan pihaknya sehingga RSGM Gusti Hasan Aman bisa tetap pertahankan Kelas B.

Pasalnya menurut drg Sapta, jika status kelas turun menjadi C, maka RSGM Gusti Hasan Aman takkan bisa lagi penuhi syarat sebagai RSGM Pendidikan dan menerima peserta pendidikan ko-asisten dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

"Semoga bisa cepat divalidasi sanggahan kami. Sebelumnya saat proses izin operasional, akreditasi, penetapan sebagai RSGM pendidikan juga tidak ada masalah," kata drg Sapta.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved