Berita Banjarmasin

Kemenkes RI Janjikan Bangun Empat Puskesmas Modern di Kalsel Tahun 2020, di Sini Lokasinya

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) janjikan akan bangun empat Puskesmas Moderen di Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2020.

Kemenkes RI Janjikan Bangun Empat Puskesmas Modern di Kalsel Tahun 2020, di Sini Lokasinya
DPRD Kalsel Untuk Banjarmasinpost.co.id
Rombongan Komisi IV DPRD Kalsel Saat Rapat Dengan Kemenkes RI di Jakarta 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) janjikan akan bangun empat Puskesmas Moderen di Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2020.

Hal ini dinyatakan Direktur Fasilitas Layanan Kesehatan Kemenkes RI, dr Andi Saguni saat terima rombongan Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel, Jumat (26/7/2019).

Menurut dr Andi, keempat Puskesmas moderen yang rencanakan akan dibangun tersebut berlokasi di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Dimana masing-masing Kabupaten tersebut akan dibangun dua Puskesmas moderen.

"Kita lihat pada aplikasi perencaan Krisna di kalsel ada empat, yaitu masing-masing dua di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Barito Kuala," kata dr Andi.

Baca: Hasil Japan Open 2019 - Setelah Sukses Balik Keadaan, Marcus/Kevin Melesat ke Final

Baca: Terjerat Utang Online Fintech Incash, Wanita Solo Diteror dengan Cara Pasang Iklan Siap Digilir

Baca: BERLANGSUNG! Live Streaming PSS Sleman vs Barito Putera Liga 1 2019 di Vidi.com, Ini Susunan Pemain

Dijelaskan dr Andi, rencana pembangunan Puskesmas modern ini memang merupakan program dari Kemenkes RI dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Puskesmas modern yang dimaksud tentu mengacu pada Permenkes Nomor 75 Tahun 2014. Dimana Puskesmas memiliki standar fungsi dan kelayakan yang diatur.

Dimana Puskesmas harus memiliki prasarana yang berfungsi paling sedikit terdiri atas sistem pengawasan atau ventilasi, sistem pencahayaan, sistem sanitasi, sistem kelistrikan, sistem komunikasi, sistem gas medik, sistem proteksi petir, sistem proteksi kebakaran, sistem pengendalian kebisingan, sistem transportasi vertikal untuk bangunan lebih dari satu lantai, kendaraan Puskesmas keliling dan kendaraan ambulan.

Dari sisi jenis Tenaga Kesehatan juga diatur paling sedikit terdiri atas dokter atau dokter layanan primer, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi dan tenaga kefarmasian.

Selain itu, lokasi pembangunan Puskesmas modern juga harus perhatikan faktor geografis dan lainnya termasuk aksesibilitas untuk jalur transportasi, kontur tanah, fasilitas parkir, fasilitas keamanan, ketersediaan utilitas publik, pengelolaan kesehatan lingkungan dan kondisi lainnya.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved