Berita Internasional

Batu Sebesar Bola Sepak Diduga Meteorit Jatuh dari Langit ke Sawah Kejutkan Petani di India

Sebuah batu seukuran bola sepak yang diduga adalah meteorit jatuh di sebidang sawah di India timur, pada Rabu (24/7/2019).

Batu Sebesar Bola Sepak Diduga Meteorit Jatuh dari Langit ke Sawah Kejutkan Petani di India
(AFP PHOTO / STR)
Warga menunjukkan batu seukuran bola sepak yang diduga meteorit yang jatuh di sawah di Bihar, India timur.(AFP PHOTO / STR) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MADHUBANI - Para petani di India Timur dikejutkan sebuah benda diduga meteorit tiba-tiba jatuh dari langit dan menimbulkan suara dentuman di tengah persawahan, pada Rabu (24/7/2019).

Insiden itu membuat para petani berlarian menjauhi sawah tempat jatuhnya benda tersebut, yang berwarna coklat dan sempat berasap.

"Sejumlah petani sedang bekerja di sawah saat batu berat itu mendadak jatuh dari langit dan menimbulkan suara dentuman yang sangat keras," ujar Shirsat Kapil Ashok, pejabat pengadilan di distrik Madhubani, negara bagian Bihar, kepada AFP, Kamis (25/7/2019).

Warga baru berani kembali ke lokasi jatuhnya batu tersebut setelah kepulan asap mereda dan segera menarik keluar batu seukuran bola kaki dan berat sekitar 15 kg itu dari dalam lubang kawah yang terbentuk akibat jatuhnya batu itu.

Baca: Pengisi Suara Karakter Kartun Minnie Mouse, Russi Taylor Tutup Usia

Jatuhnya batu "meteorit" itu menghasilkan lubang kawah sedalam sekitar satu meter di permukaan tanah.

"Kami menemukan bahwa (batu) itu memiliki sifat magnetik yang sangat kuat. Beberapa bagiannya tambah berkilau dan beratnya mencapai 15 kilogram," lanjut Ashok.

 
Warga berdiri di sekeliling lubang di sawah yang diakibatkan sebuah benda batu berukuran bola sepak yang diduga meteorit, di negara bagian Bihar, India timur.(AFP PHOTO / STR)

Batu tersebut segera diserahkan kepada otoritas berwenang untuk dianalisis oleh para ilmuwan sebagai kemungkinan sebuah meteorit.

Meteorit merupakan bagian dari meteor yang tersisa dan dapat mencapai permukaan Bumi setelah terbakar saat memasuki lapisan atmosfer.

Pada 2016, pihak berwenang di negara bagian Tamil Nadi, India selatan melaporkan bahwa sebuah meteorit telah jatuh dan menimba bus, menewaskan sopir dan melukai tiga lainnya.

Baca: Jet Tempur Rusia Disambut Tembakan Peringatan Saat Terdeteksi Masuki Wilayah Udara Korsel

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved