Bpost Cetak

Hadapi Kemarau, Wadir Politeknik Negeri Tanahlaut : Perlu Pompa Air

Langkah yang perlu dilakukan di antaranya menyiapkan pompa air, sumur, penampungan air, dan pengaturan sistem irigasi.

Hadapi Kemarau, Wadir Politeknik Negeri Tanahlaut : Perlu Pompa Air
BPost Cetak
BPost Edisi Minggu (28/7/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Menghadapi musim kemarau, para petani memang mesti melakukan antisipasi guna mencegah atau setidaknya memperkecil risiko kerugian akibat penurunan produksi atau bahkan kegagalan panen.

Paling utama adalah upaya menjamin ketersediaan air untuk memenuhi kebutuhan tanaman yang dibudidayakan. Pasalnya saat kemarau kelembaban menjadi susut drastis sehingga lahan menjadi cepat kering.

Langkah yang perlu dilakukan di antaranya menyiapkan pompa air, sumur, penampungan air, dan pengaturan sistem irigasi. Upaya ini juga harus didukung secara teknis oleh pemerintah melalui instansi terkait.

Sistem irigasi sebenarnya jawaban yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan air di musim kemarau. Cuma tidak semua lahan pertanian di Kalimantan Selatan terjangkau oleh pengairan irigasi.

Beberapa irigasi yang ada pun, sistem pengairannya tidak berfungsi baik.

Baca: Bupati Kudus Reunian di Penjara, Tamzil Bisa Dituntut Hukuman Mati

Baca: Gibran Rakabuming Raka Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo, PDIP Siap Dukung Putra Jokowi

Baca: Si Palui : Kada Ba-H

Baca: Dibuka Sekjen Kemendikbud, LPMP Seleksi 282 Sekolah Model se Kalimantan Tengah

Oleh karena itu pompanisasi air dan penggalakan pembuatan sumur pompa penting dilakukan karena upaya ini juga bisa meminimalkan dampak negatif musim kemarau terhadap produktivitas pertanian.

Hal lain yang penting diwaspadai karena sering juga menjadi momok pada musim kemarau di beberapa wilayah pertanian di Kalimantan Selatan adalah terjadinya kebakaran lahan.

Kondisi itu, menurut Wadir Politeknik Negeri Tanahlaut ini, berpotensi mematikan tanaman pertanian. Ini harus menjadi perhatian serius pemeintah melalui dinas pertanian, BNPB dan instantsi terkait lainnya.

Petani juga harus pandai merencanakan varietas yang akan ditanam. Komoditas utama pertanian seperti padi sangat tergantung dengan ketersediaan air. tanpa ada air yang cukup tanaman akan puso dan terjadi gagal panen. (roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved