Berita Jakarta

Ini Perusahaan Pemilik 300 Bus Berlabel Transjakarta yang Terbengkalai di Bogor, Ditangani Korator

Sebanyak 300 bus berlabel Transjakarta terbengkalai di Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, milik PT Adik Teknik Ecopindo.

Ini Perusahaan Pemilik 300 Bus Berlabel Transjakarta yang Terbengkalai di Bogor, Ditangani Korator
(KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Ratusan bus Transjakarta terbengkalai di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jumat (26/7/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KABUPATEN BOGOR - Sebanyak 300 bus berlabel Transjakarta yang terbengkalai di Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, merupakan aset milik perusahaan bernama PT Adi Teknik Ecopindo. Ratusan bus itu merupakan aset perusahaan.

Camat Dramaga Adi Henriyana mengatakan, 300 bus berlabel Transjakarta yang terbengkalai di Kabupaten Bogor, merupakan aset milik perusahaan bernama PT Adi Teknik Ecopindo.

Berdasarkan keputusan Pengadilan Niaga, perusahaan itu dinyatakan pailit.

"Jadi balasannya seperti itu, akan tetapi ini bukan suatu usaha hanya sebatas penyimpanan aset dari salah satu PT yang pailit dan sekarang dikuasakan kepada kurator Lumbang Tobing cs," ujarnya, Jumat (26/7/2019).

Baca: 300 Bus Transjakarta Terbengkalai di Bogor Pengadaan Tahun 2013 yang Bermasalah, DKI Tagih Uang Muka

Selama satu tahun terakhir, jumlah bus tersebut terus bertambah yang awalnya hanya 104 menjadi 300 unit.

"Pada saat itu (2018) jumlah bus hanya 104 unit kemudian saat ini sudah mencapai sekitar 300 lebih. Sementara untuk kondisi busnya rata-rata masih ada mesin yang hidup tetapi dalam kondisi bodi rusak," terangnya.

Adi menyebut, PT tersebut tidak perlu melakukan proses perizinan lantaran pemilik lahan merupakan bagian relasi dari kurator tersebut.

Bus-bus itu disimpan di sana sebagai aset.

"Surat yang disampaikan kepada kami, mereka ini tidak perlu melakukan proses perizinan. Hanya sebagai tempat penyimpanan barang-barang atau aset sebuah perusahaan yang dinyatakan pailit dan kebetulan pemilik lahan ini merupakan relasi dari kurator tersebut," ujarnya.

Menurut Adi, keberadaan bus diketahui dari laporan warga sekitar soal adanya penyimpanan bus Transjakarta di wilayah mereka.

Atas hal ini, pihaknya langsung melakukan survei ke lokasi.

Namun, tidak ditemukan penanggung jawab, yang ada hanya penjaga lahan.

"Awalnya ramai laporan lalu kami mengirim surat kepada pemilik terkait keberadaan bus. Untuk Saat ini dikuasakan kepada kurator Lumban Tobing," ujarnya.

(Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan/Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Dia Pemilik 300 Bus Berlabel Transjakarta yang Terbengkalai di Bogor", https://regional.kompas.com/read/2019/07/28/07300061/ini-dia-pemilik-300-bus-berlabel-transjakarta-yang-terbengkalai-di-bogor.

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved