Kriminalitas Banjarbaru

Jasad Orok yang Ditemukan Dikubur, Diautopsi untuk Memastikan Tewas Sebelum atau Sesudah Dilahirkan

Pihak Kepolisian masih terus melakukan penyelidikan terkait penemuan orok bayi di Jalan Peramuan RT 11 RW 003 Kelurahan Landasan ulin Tengah

Jasad Orok yang Ditemukan Dikubur, Diautopsi untuk Memastikan Tewas Sebelum atau Sesudah Dilahirkan
Humas Polres Banjarbaru
Warga di Jalan Peramuan RT 11 RW 003 Kelurahan Landasan ulin Tengah, Banjarbaru digegerkan dengan adanya temuan mayat bayi, Sabtu, (27/7) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pihak Kepolisian masih terus melakukan penyelidikan terkait penemuan orok bayi di Jalan Peramuan RT 11 RW 003 Kelurahan Landasan ulin Tengah, Banjarbaru, Sabtu (27/7) sore.

Pihak kepolisian sejauh ini sudah memeriksa saksi-saksi di lapangan sekitar lima orang.

Berdasar keterangan saksi-saksi ada petunjuk di mana sempat melihat adanya orang asing masuk di sekitar semak belukar itu.

Tim hingga kini untuk mengungkap itu harus melakukan penyelidikan manual. Sebab pendukung untuk melakukan pelacakan semisal CCTV atau petunjuk yang menjurus langsung ke dugaan pelaku masih belum ditemukan.

"Ya manual kita menyelidikinya. Ya mudah mudahan dari keterangan saksi itu jadi petunjuk dan bisa membuahkan hasil," kata Kasat Reskrim Polres Banjarbaru, AKP Aryansyah, Minggu (28/7/2019).

Baca: Kronologis Detik-detik Bayi Perempuan Baru Lahir Dianiaya Ibu Kandung Pakai Gunting di Kalbar

Baca: Terpaut 20 Tahun! Naomi Zaskia Ungkap Alasan Pilih Sule Jadi Kekasih, Ayah Rizky Febian Diberi Tanda

Baca: Ari Lasso & Pinkan Mambo Tampil di Semarak Festival Banjarmasin, Eks Teman Duet Maia Ini Akui Gemuk

Disinggung apakah penjelasan saksi yang membuang menunjukkan ciri-ciri suami Isteri? AKP Aryansyah membantahnya.

"Ya memang kalau orok bayi pasti ada ibunya. Tapi dari keterangan saksi yang sempat masuk di areal itu semua pria," kata Aryansyah.

Dijelaskan dia bahwa guna memastikan jasad orok bayi itu meninggal lebih dulu dalam kandungan atau dilahirkan dulu kemudian meninggal ini perlu hasil dari Oautopsi.

"Kami juga sudah perintahkan untuk mengautopsi orok tersebut ke RSUD ULIN Banjarmasin karena disanalah yang ada tim autopsinya. Hasilnya masih menunggu kita," kata Aryansyah.

Dia berjanji akan mengabarkan jika sudah ada hasil dari penyelidikan yang dilakukan jajarannya.

Diberitakan sebelumnya sekitar pukul 12.00 WITA, warga yang curiga selanjutnya melihat lokasi yang didatangi oleh orang asing tadi.

Ternyata diketahui ada gundukan tanah dan setelah dicek oleh warga sekitar ada bayi yang kondisinya sudah tidak bernyawa lagi.

Kondisi bayi yang diketahui berjenis laki-laki ini sudah tidak bernyawa saat ditemukan dan tali pusar masih belum dipotong.

Diduga, bayi ini dikubur pasca melahirkan, mengingat tali pusarnya masih belum dipotong. Selain itu kain pembungkus bayi juga masih ada bercak bercak darah.

Selanjutnya, warga pun melaporkan peristiwa itu kepada aparat berwajib. Setelah dilakukan pemeriksaan di lapangan, mayat bayi di evakuasi ke RS Idaman Banjarbaru. (banjarmasinpost.co.id /lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved