Berita Kabupaten Tapin

Personel Satgas Pencegahan dan Pemadaman Karhutla Diserahkan, ini Harapan Kalak BPBD Tapin

Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin akan menerima penyerahan pasukan satgas gabungan

Personel Satgas Pencegahan dan Pemadaman Karhutla Diserahkan, ini Harapan Kalak BPBD Tapin
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
H Nordin, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin akan menerima penyerahan pasukan satgas gabungan pencegahan dan pemadaman karhutla 2019 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di halaman kantor Setda Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru.

Rencana itu diungkap Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Tapin, H Nordin kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Minggu (28/7/2019).

Menurutnya, penyerahan pasukan satgas gabungan pencegahan dan pemadaman karhutla itu merupakan tindaklanjut dari Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 tentang peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Kemudian surat Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) perihal penyerahan pasukan Satgas gabungan pencegahan dan pemadaman karhutla 2019.

Baca: Ikuti Jejak Captain Marvel dan Avengers:Endgame, Spider-Man: Far From Home Raup Rp 13,8 Triliun

Baca: Kesedihan Orang Terdekat Siti Badriah Hantui Malam Pertama dengan Krisjiana Baharudin

Baca: Sebelum Hadir Mulan Jameela di Hidup Ahmad Dhani, Nama Maia Estianty di Majalah Jadi Sorotan

Baca: Kisah Nenek Penjual Kue Keliling Naik Haji, 15 Tahun Sisihkan Hasil Dagangan

Itu sekaligus melaksanakan apel siaga darurat pencegahan kesiapsiagaan dan pemadaman karhutla di wilayah provinsi Kalimantan Selatan, pada 30 Juli 2019 ini.

Peserta apel siaga pencegahan kesiapsiagaan dan pemadaman karhutla dari kabupaten Tapin melibatkan tentara Kodim 1010 Rantau sebanyak 50 orang.

Kemudian dari personel Polres Tapin 20 orang.

Untuk BPBD Kabupaten Tapin sebanyak 10 orang dan masyarakat peduli api se Kabupaten Tapin sebanyak 70 orang.

Kepala Bagian Operasi Polres Tapin, AKP Raindhard Maradona dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, terkait keterlibatan personel Polres Tapin dalam apel siaga itu membenarkan.

"Personel Polres Tapin sebanyak 20 orang yang ikut siaga pencegahan kesiapsiagaan dan pemadaman karhutla," katanya.

Potensi kebakaran hutan dan lahan se Provinsi Kalimantan Selatan, diakui Nurdin paling luas berada di Kabupaten Tapin, pada 2018 lalu.

"Pada tahun lalu, sekitar 700 hektare lahan di Kabupaten Tapin yang terbakar. Tentunya saya berharap penyerahan pasukan satgas gabungan nantinya paling banyak di Kabupaten Tapin," katanya.

Nurdin mengaku sudah dipetakan wilayah paling rawan di Kabupaten Tapin, yaitu di Kecamatan Tapin Tengah, Candi Laras Selatan dan Candi Laras Utara.

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved