Berita Banjarmasin

78 Persen Peserta Lulus Uji Kompetensi Digital Talent Scholarship Dilaksakan Poliban-Kominfo

Sebanyak 165 peserta lolos ujian Kompetensi (UJK) Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 untuk Program Vocational School Graduate Academy (VSGA)

78 Persen Peserta Lulus Uji Kompetensi Digital Talent Scholarship Dilaksakan Poliban-Kominfo
banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar
Direktur Poliban Joni Riadi menyerahkan sertifikat secara simbolis. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 165 peserta lolos mengikuti Ujian Kompetensi (UJK) Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 untuk Program Vocational School Graduate Academy (VSGA yang dilaksanakan Politeknik Negeri Banjarmasinh, (Poliban) bersama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Uji kompetensi dan sertifikasi diselenggarakan LSP P3 Komputer dengan asoser sebanyak delapan orang, dilangsungkan selama dua hari, 26 – 27 Juli 2019 di Poliban Banjarmasin.

Ada pun skema uji kompetensi untuk desainer grafik muda dengan jumlah peserta 40 orang, yang dan direkomandikasikan kompeten sebanyak 36 orang sedangkan direkomendasikan belum kompeten ada empat orang atau 90 persen.

Lalu, skema UJK di Junior Web developer diikuti 87 orang, yang kompeten ada 71 orang dan belum kompeten 16 orang atau 81,61 persen. Selanjutnya di peserta UJK Junior Mobile Programmer diikuti 38 orang, kompeten ada 23 orang dan belum kompeten 15 orang atau 60,53 persen.

Baca: Kabupaten Banjar Bakal Miliki Gedung Instalasi Farmasi di Martapura, Ini Kata Bupati Guru Khalil

"Jumlah peserta yang ikut sebanyak 165 orang, ada 130 orang kompoten, belum kompeten 35 orang atau 78,79 persen," kata kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDM) Kominfo Banjarmasin, Ricky HH usai acara penutupan di aula Gedung Serba Guna Poliban, Senim (29/7/2019).

Terpisah, Direktur Poliban, Joni Riadi usai menutup acara berharap, buat peserta apa yang sudah didapat berupa ilmu pengetahuan dan teknologi selama pelatihan, harus bisa diaplikasikan di dunia usaha dan industri serta pemerintahan.

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualtas SDM yang bersaing tinggi di era global sekarang," tegasnya didampingi Subandi selaku Ketua Bidang Studi Teknologi Informatika dan Sabran Ketua jurusan teknik eklektro.

Ditambahkan Joni, Poliban berterima kasih kepada kominfo, karena terpilih sebagai salah satu dari 23 politeknik penyelenggara kegiatan DTS 2019 Program VSGA.

Kegiatan ini terdiri dari pelatihan dan sertifikasi berstandar Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Penutupan pelatihan dan sertifikasi Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 untuk Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) di Poliban
Penutupan pelatihan dan sertifikasi Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 untuk Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) di Poliban (banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar)

Ketua Bidang Studi Teknologi Informatika Poliban, Subandi menjelaskan, Kegiatan VSGA ini merupakan program beasiswa pelatihan intensif dengan persyaratan usia maksimal 29 tahun, lulus pendidikan SMK, belum memiliki pekerjaan tetap, lolos seleksi administrasi dan tes subtansi, tidak mengundurkan diri jika dinyatakan lulus seleksi.

Baca: Gelar PKKMB, Mahasiswa Baru Politala Dapat Bekal Nasionalisme dan Berdaya Saing Tingkat Nasional

"Kegiatan hingga akhir ini terbagi dalam beberapa bidang pelatihan yaitu bidang Junior Junior Graphic Designer, Junior Web Developer, Junior Mobile Programmer, yang berlangsung selama 72 jam pelajaran. Meliputi kegiatan tatap muka dikelas, kelas pendamping, uji kompetensi dan sertifikasi," tegasnya.

Dengan penjaringan siswa sehingga kegiatan ini diikuti 190 peserta yang memiliki latar belakang lulusan SMK khususnya bidang TIK.

"Dipilihnya lulusan SMK, karena masih banyak alumninya belum bekerja, sehingga perlu ada sertifikat kompetennya," tegasnya. (banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved