Berita Tanahlaut

Gelar PKKMB, Mahasiswa Baru Politala Dapat Bekal Nasionalisme dan Berdaya Saing Tingkat Nasional

320 mahasiswa baru Politeknik Negeri Tanahlaut (Politala) mengikuti program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019.

Gelar PKKMB, Mahasiswa Baru Politala Dapat Bekal Nasionalisme dan Berdaya Saing Tingkat Nasional
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Ratusan mahasiswa baru Politala mengikuti program PKKMB di Aula Terbuka Politala, Desa Ambungan, Kabupaten Tanahlaut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - 320 mahasiswa baru Politeknik Negeri Tanahlaut (Politala) mengikuti program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 di aula terbuka Politala, Jalan A Yani, Desa Panggung, Kabupaten Tanahlaut, Senin (29/7/2019).

Para mahasiswa tersebut mendapatkan bekal sebelum mereka menempuh kehidupan baru di dunia perguruan tinggi. Tentunya ada sejumlah materi yang dipaparkan. Dimana pembahasannya lebih mengenai bagaimana kehidupan kampus serta bekal kepada mahasiswa untuk lebih cinta tanah air.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Muhammad Ghalih menerangkan, PKKMB kali ini fokus kepada agar mahasiswa cinta tanah air. Kemudian sesuai dengan visi misi Politeknik Negeri Tanah Laut bahwa mahasiswa harus berdaya saing tingkat nasional.

Selain itu pengenalan akan budaya dan jati diri bangsa ujar Galih juga diperlukan. Sehingga mahasiswa tidak kehilangan budayanya sendiri. Apalagi sekarang jelasnya literasi budaya sudah sangat luas.

Baca: Mesiwah Pare Gumboh Dayak Deah Desa Liyu, Jadi Potensi Daya Tarik Wisata Balangan

"Ke depan kami juga sudah menyediakan program double degree. Jadi mahasiswa akan belajar di luar negeri yakni Taiwan dan kami tidak ingin ketika mereka pulang, mereka lupa akan budaya sendiri," ucap Galih yang juga berperan sebagai Dosen Program Jurusan Akuntansi pada kampus tersebut.

Dalam PKKMB itu pula ujarnya akan ada indikator yang melihat bagaimana daya tangkap mahasiswa baru mengenai pembelajaran yang dipaparkan. Sehingga akan diketahui sebanyak apa pemahaman mahasiswa baru dalam melihat dan mengenal dunia kampus serta isu-isu terkini.

Pada acara yang berlangsung hingga 1 Agustus 2019 tersebut, Direktur Politala, Hj Mufrida menerangkan, PKKMB juga untuk memberikan motivasi sekaligus antisipasi pada mahasiswa agar tidak melakukan hal-hal yang dianggap menjerumuskan pada perbuatan negatif. Di antaranya tidak menyebar hoax, tidak menggunakan narkoba dan menghindari pergaulan bebas.

Selain itu kecintaan tanah air dan kedisiplinan pun juga dibekali. Apalagi pemateri merupakan para aparat negara bahkan ada pula dari kejaksaan dan akademisi. Serta dokter dan psikolog.

"Jadi tujuannya utamanya adalah pembinaan karakter. Dimana mahasiswa baru mendapatkan pembinaan karakter pada awal kuliah," ucap Mufrida.

Baca: Tingkatkan Disiplin ASN Kemenag Kapuas, Sejumlah Madrasah Negeri Lakukan Perekaman Ulang Fingerprint

Terlepas dari itu, saat ini Politala telah memiliki empat prodi yang ditawarkan. Semua jurusan teknik sebut telah memiliki akreditasi B. Begitu pula untuk akreditasi lembaga.

Lulusan dari Politala ujar Mufrida sudah banyak yang dipesan oleh perusahaan. Bisa dikatakan, para mahasiswa di perguruan tinggi itu adalah pelajar unggulan yang bisa langsung terjun ke dunia kerja. Selain itu, kampus juga menawarkan beasiswa bidikmisi yang membuat sebagian mahasiswa tidak khawatir lagi akan biaya kuliah.

"Saat ini kami juga sedang melakukan reakreditasi. Dari akreditasi sangat baik menuju unggul. Kami sudah menyiapkannya dan berharap pada tahun berikutnya Polotila akan terkareditasi A," ucapnya.

Adanya PKKMB ujar Mufrida juga menjadi satu bagian dalam persiapan reakreditasi tersebut. Ia berharap para mahasiswa di Politala ke depan mampu bersaing dan mendapatkan bekal pengetahuan untuk terjun ke dunia kerja.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved