Berita Banjarmasin

Pemprov kalsel Anggarkan Beasiswa Pendidikan Kedokteran Rp 1,3 Miliar, Setiap Tahun Cetak Dokter

Tahun 2020 mendatang, Pemerintah Provinsi Kalsel kembali merencanakan menganggarkan dana untuk program beasiswa tenaga kesehatan khususnya dokter.

Pemprov kalsel Anggarkan Beasiswa Pendidikan Kedokteran Rp 1,3 Miliar, Setiap Tahun Cetak Dokter
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Yusuf Effendi, Kadikdisbud Provinsi Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terhadap tingkat kesehatan masyarakat di Kalsel terus dibuktikan melalui berbagai program.

Bahkan tak hanya program yang disalurkan langsung ke sektor kesehatan, namun Pemerintah Provinsi Kalsel juga mengalokasikan dana untuk dukung kesehatan masyarakat melalui sektor pendidikan.

Seperti beberapa tahun sebelumnya, Tahun 2020 mendatang, Pemerintah Provinsi Kalsel kembali merencanakan menganggarkan dana untuk program beasiswa tenaga kesehatan khususnya dokter.

Program tersebut dianggarkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel untuk siswa-siswi berprestasi dan kurang mampu agar dapat menempuh pendidikan kedokteran.

Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Yusuf Effendi, dana yang rencananya dianggarkan untuk program beasiswa tersebut sebesar Rp 1,3 miliar.

Baca: Adik Syahrini Buka Suara Terkait Ciri Istri Reino Barack Hamil yang Viral, Aisyahrani Sebut ini

Baca: ASN ini Harumkan Tapin di Tingkat Regional Kalimantan, Bupati Harapkan Jadi Inspirasi

Baca: Ini Tiga Nama Calon Ketua DPRD Kalsel yang Dikirim ke DPP Partai Golkar, Tidak Ada Nama H Rusli

Baca: Pasutri Keloter 14 asal Banjarmasin Ini Tunda Keberangkatan Haji, Ini Penjelasan Kemenag

Jumlah tersebut dialokasikan untuk biayai tiga belas siswa berprestasi dan kurang mampu untuk dapatkan gelar dokter untuk menambah jumlah dokter di Kalsel.

"Satu peserta beasiswa Rp 100 juta, jadi dari awal masuk kuliah sampai lulus dibiayai oleh Pemerintah Daerah. Tentunya setelah lulus diharapkan mereka mengabdi di Kalsel," kata Yusuf.

Ditambahkan Kabid SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Muhammadun, sebagian dana beasiswa tersebut dialokasikan untuk biaya pendidikan dan sisanya dialokasikan untuk biaya hidup peserta beasiswa selama menempuh pendidikan kedokteran.

Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel dalam menyalurkan beasiswa ini bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Baca: NEWSVIDEO : Siswa SDN 2 Rampa Kotabaru Dikenalkan Laptop di Kapal Patroli

Baca: Melawan Keterbatasan, ACT Biayai Para Murid Alor Bersekolah di Pulau Jawa

Penentuan calon peserta beasiswa yaitu dengan kriteria berprestasi dan kurang mampu juga menurut Yusuf sepenuhnya diserahkan kepada Fakultas Kedokteran ULM.

Program beasiswa pendidikan kedokteran ini menurut Muhammadun saat ini sudah memasuki tahun ketiga.

Artinya, Pemerintah Provinsi Kalsel mengharapkan mendapatkan tenaga dokter muda dalam beberapa tahun kedepan. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved