HSU Mantap

Penuh Inovasi, Puskesmas Sungai Malang Wakili HSU untuk Penilaian Kinerja Tingkat Provinsi Kalsel

Puskesmas Sungai Malang saat ini telah banyak melakukan perubahan dan inovasi, baik dari segi fasilitas maupun pelayanan.

Penuh Inovasi, Puskesmas Sungai Malang Wakili HSU untuk Penilaian Kinerja Tingkat Provinsi Kalsel
Pemkab HSU
Penilaian kinerja tingkat provinsi di Puskesmas Sungai Malang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Berbagai perubahan dan inovasi yang dilakukan Puskesmas Sungai Malang, menjadikan tempat pelayanan kesehatan ini sebagai wakil Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersaing di level Provinsi Kalsel.

Puskesmas berkinerja terbaik tahun 2019 di Kabupaten HSU ini akan bersaing dengan wakil dari kabupaten kota di Kalsel untul dinilai bagaimana kinerja yang sudah dilaksanakan.

Puskesmas Sungai Malang saat ini telah banyak melakukan perubahan dan inovasi, baik dari segi fasilitas maupun pelayanan.

Di antaranya saat ini sudah ada fasilitas instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan dalam pelayanan ada SIPUTAR (Sistem Informasi Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular).

Inovasi terdiri dari sistem pelayanan pendaftaran, pemberian informasi, dan aktivitas apa saja yang harus dilakukan bagi pasien tidak menular.

Serta memberikan pemberitahuan kepada pasien kapan waktu kunjungan berobat berikutnya yang semua itu dilakukan secara online melalui aplikasi WA.

Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU H Agus Fidliansyah, menyampaikan, hendaknya pelayanan kesehatan kepada masyarakat terus ditingkatkan.

"Jangan hanya sampai di sini, apalagi hanya mengharapkan penghargaan," tegasnya.

Sementara itu, Camat Amuntai Tengah Rahman Hariadi selaku salah satu tim lintas sektor merasa bangga karena puskesmas yang mewakili kabupaten HSU ini ada di wilayah pemerintahannya, dan merekomendasikan agar puskesmas ini mendapatkan nominasi di tingkat provinsi.

"Karena bukan tanpa alasan, selama ini disamping kinerjanya baik, koordinasi dengan pihak kecamatan juga sangat bagus, lebih-lebih selama dua tahun berturut-turut wilayahnya mendapatkan prestasi sekolah sehat tingkat nasional yang mana sekolah tersebut merupakan binaan dari puskesmas ini. Jadi sudah selayaknya mendapatkan nominasi tingkat provinsi," ujarnya.

Sementara itu, penilaian sendiri sudah dilakukan tim penilai kinerja puskesmas tingkat Provinsi Kalsel pada Sabtu (27/7/2019) tadi.

Tim menilai kinerja Puskesmas Sungai Malang
Tim menilai kinerja Puskesmas Sungai Malang (Pemkab HSU)

Adapun tim sendiri terdiri dari lintas program yang ada Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.

Ketua Tim Penilai, Muhammad Rijal, pihaknya akan mengunjungi seluruh Kabupaten/Kota, guna malakukan penilaian kinerja bagi puskesmas yang mendapatkan nominasi terbaik di daerahnya, selanjutnya akan ditentukan nominasi terbaik tingkat provinsi.

"Penilaian ini dalam substansinya adalah berupaya untuk meningkatkan pelayanan. Dengan meningkatnya mutu pelayanan, pencapaian Kalimantan Selatan sehat akan lebih cepat dan lebih mudah kita jangkau, dan ini harus dilakukan oleh seluruh Kabupaten/Kota," jelasnya.(AOL/*)

Penulis: Dony Usman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved