Berita Banjarbaru

Ada Ungkap Rahasia Telur Asin Asap Bikin Awet Muda, Ternyata Tim Uniska Malah Bikin Lebih Canggih

Telur asin asap adalah varian telur asin yang mengalami proses pengasapan. Satu-satunya produsen telur asin asap di Kota Banjarbaru adalah telur asin

Ada Ungkap Rahasia Telur Asin Asap Bikin Awet Muda, Ternyata Tim Uniska Malah Bikin Lebih Canggih
Banjarmasinpost.co.id/Nia kurniawan
Tim lembaga penelitian dan pengabdian Universitas Islam Kalimantan (Uniska). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Telur asin asap adalah varian telur asin yang mengalami proses pengasapan. Satu-satunya produsen telur asin asap di Kota Banjarbaru adalah telur asin eldona.

Permintaan pasar akan telur asin asap begitu tinggi terutama untuk wilayah banjarbaru, Banjarmasin dan Martapura dengan kapasitas produksi hanya mencapai 800-1000 butir/minggu.

Rendahnya kapasitas produksi diakibatkan lemari asap yang tersedia hanya mampu menampung telur 2x250 butir telur dalam sekali pengasapan, selain itu proses pengasapan juga membutuhkan waktu relative lama yaitu mencapai tiga hari dalam sekali proses.

Lamanya proses pengasapan ini diakibatkan rak telur yang terpasang lemari asap merupakan rak permanen, ditambah lagi ruang bakar penghasil asap dengan sistem pembakaran langsung sehingga untuk merubah posisi telur diperlukan waktu untuk mendinginkan lemari asap dan harus mematikan api dalam ruang pembakaran biomassa.

Baca: Terungkap Alasan Kucing Oranye Jadi Perbincangan di Twitter, Facebook hingga Instagram

Baca: Sempat Ucapkan Pamit, Ria Ricis Bicara soal Penghasilan Rp 2 Miliar dari YouTube

Baca: Ada Apa? Kok Tiba-tiba Kepala BKPM Ralat Ucapannya soal 4 Unicorn Indonesia Dimiliki Singapura

Tidak hanya itu, tidak jarang terjadinya overheating yang dapat mengakibatkan telur asap yang dihasilkan mengalami keretakan.

Overheating lemari asap diakibatkan hadirnya oksigen dalam pembakaran yang mengakibatkan terjadinya pembakaran sempurna api menyala. Sistem monitoring suhu belum terpasang, sehingga hal ini mempersulit untuk mengontrol suhu yang terjadi.

Antisipasi ini sebenarnya dilakukan oleh mitra dengan hanya menggunakan sabut kelapa bagian dalam sebagai bahan biomassanya, pernah suatu ketika menggunakan tempurung kelapa proses pengasapan tidak berhasil dilakukan, karena jika lemari asap ditutup rapat, maka api akan padam, namun jika dibuka celah oksigen maka api akan menyala yang mengakibatkan telur-telur yang berada paling dekat dengan api seluruhnya pecah.

Dr. Achmad jaelani, S.Pt., M.Si menyampaikan materi tentang mekanisme pengawetan telur asap, teori dan aplikasinya. Pada program kemitraan masyarakat produsen telur asin asap kelurahan Loktabat Utara Banjarbaru, lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Islam Kalimantan.

"telur asin asap memberi perlawanan terhadap bakteri dengan istilah double kill. Salah satu senyawanya adalah fenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Soalnya bakteri tidak suka dengan asin, ditambah lagi asap cair. Jadi banyak makan telur asin asap bisa awet muda. Pencegah penuaan dini," kata dia.

Tepatnya di produsen telur asin eldona adalah mitra pengusul dalam PKM ini adalah industri rumah tangga yang dibangun oleh Drs. H. Zusnaidi, M.AP dan mulai dirintis sejak tahun 2013 berlokasi di Jalan pondok kelapa nomor 16 Komplek balitra Jaya permai Banjarbaru.

Halaman
12
Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved