Berita Jakarta

Hati-hati! Sekarang Ada Penipuan Berkedok Internet Gratis 1.000 GB di WhatsApp

Beberapa bulan lagi, WhatsApp genap berusia 10 tahun. Alih-alih dirayakan, momen ini ternyata dimanfaatkan oleh pihak yang berniat jahat

Hati-hati! Sekarang Ada Penipuan Berkedok Internet Gratis 1.000 GB di WhatsApp
whatsappsociety.com
Ilustrasi WhatsApp Grup 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Beberapa bulan lagi, WhatsApp genap berusia 10 tahun. Alih-alih dirayakan, momen ini ternyata dimanfaatkan oleh pihak yang berniat jahat untuk melancarkan upaya penipuan.

Bentuknya adalah pesan berantai yang memberi iming-iming "hadiah ulang tahun" berupa paket data internet 1.000 GB secara gratis untuk pengguna WhatsApp.

Di dalam pesan justru ada tautan yang berjudul "WhatsApp Offers 1000 GB Free Internet!" itu ada sebuah tautan yang apabila di-klik akan mengalihkan pengguna ke sebuah situs berisi logo WhatsApp, berikut sejumlah survei yang mesti dijawab untuk mendapat "hadiah".

Tentu saja, "hadiah" di sini sekadar omong kosong belaka karena situs yang dituju tautan itu juga bukan resmi milik WhatsApp. Ujung-ujungnya, pengguna WhatsApp diminta meneruskan pesan terkait ke 30 kontaknya sebagai syarat untuk mendapatkan "1.000 GB internet gratis".

Baca: Teguran Chef Arnold pada Kaesang Pangarep Gara-gara Ria Ricis, Ternyata Putra Jokowi Lakukan Ini

Baca: Pengumuman PKN STAN 2019, Mau Lihat Daftar Nama Lulus Seleksi? KLIK LINK di Sini

Baca: LINK Live Streaming Timnas U-15 Indonesia vs Timor Leste Piala AFF U-15 2019, Siaran Langsung SCTV


Tampilan situs WhatsApp abal-abal yang dituju oleh tautan dalam pesan penipuan internet gratis 1.000 GB.(ESET)

Firma keamanan ESET mengatakan motif di balik pesan penipuan ini adalah "click fraud scheme". Pembuatnya berusaha mendatangkan klik sebanyak-banyaknya untuk mendulang pemasukan dari iklan di situs WhatsApp abal-abal tadi.

Untungnya, sejauh ini situs jebakan tersebut tidak melakukan hal-hal berbahaya terhadap perangkat pengguna, seperti misalnya memasang malware atau mencuri data. Namun, situs itu bisa saja berubah sewaktu-waktu dan dipasangi program jahat.

Karenanya, langkah terbaik apabila menerima pesan berbau penipuan seperti di atas adalah dengan didiamkan saja. Jangan klik tautan ataupun meneruskannya ke orang lain.

WhatsApp sendiri diimbau oleh ESET agar melancarkan kampanye edukasi, supaya penggunanya lebih awas dengan jenis-jenis pesan penipuan alias scam, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Forbes, Rabu (31/7/2019).

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved