Berita Banjarbaru

NEWSVIDEO : KPK dan Dinas ESDM Kalsel Temukan Aktivitas Tambang Batu Bara Ilegal di Tanahlaut

Aktivitas Pertambangan Ilegal milik Perorangan sedang beroperasi mengeruk bekas (eks) penciutan lokasi areal pertambangan milik PKP2B Jorong Barutama

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Untuk yang kedua kalinya Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke areal lokasi Tambang.

Namun kali ini Tim yang juga diperkuat Ombudsman Kalsel, itu menyasar ke daerah Tanahlaut.

Terpantau dari tim KPK Penasehat Komisi Pemberantasan Korupsi, Budi Santoso dan Korsupgah Wilayah VII, bersama dari Dinas ESDM, Rabu ( 31/7/2019) siang mendapati aktivitas Pertambangan Ilegal di kawasan desa Batu Ampar Kecamatan Jorong Tanah Laut.

Aktivitas Pertambangan Ilegal milik Perorangan tersebut, didapati saat sedang beroperasi mengeruk bekas (eks) penciutan lokasi areal pertambangan milik PKP2B Jorong Barutama Grestone (JBG).

Operator Alat Berat milik peorangan yang diketahui bernama, Wahyu mengaku hanya disuruh seseorang yang disebutnya bernama Paman Arul.

Dia sempat diminta berhenti melakukan aktivitasnya oleh Kabid Minerba ESDM Pemrov Kalsel, Gunawan Harjito.

Dia menjelaskan bahwa dirinya hanya diminta bekerja menggarap Bekas Tambang tersebut dengan Upah 25 Ribu Perjam.

Penemuan Pertambangan Ilegal tersebut tim penasehat KPK dan Pihak ESDM akan segera melaporkan kasus tersebut ke aparat penegak hukum untuk diambil tindakan dan juga akan dilaporkan ke ESDM Pusat.

Salah satu Penasehat KPK, Budi Santoso mengatakan mereka akan mendata, berapa jumlah temuan, dan langsung merekomendasikan ke aparat penegak hukum, Pasalnya saat ini, mereka tidak ada kewenangan untuk melakukan Penindakan.

Adapun Kabid Minerba ESDM Provinsi Kalsel, Gunawan Harjito mengatakan Aktivitas Peti Dikalsel Memang Masih ada jumlahnya puluhan.

Sebarannya ada Tanah Laut, Tanah Bumbu,dan Hulu Sungai Selatan,

"Kami tidak bisa berbuat banyak, karena ini kewenangan aparat penegak hukum, kami sudah melaporkan jumlahnya lumayan banyak," ungkapnya. (banjarmasinpost.co.id/Nurholid Huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved